Kamu dapat menemunkan seseorang yang benar-benar sangat cocok untuk dijadikan pasangan hidup dan bahkan memilikinya lebih dari satu dalam hidup. Tetapi kemudian bagaimna caranya kamu agar bener-bener dapat mengetahuinya denga yakin? Berikut ini beberapa nasehat gue untuk menyakinkan kamu dalam mengambil keputusan.
1. Ungkapkan keinginan dan mengapa menginginkanya?
Maksudnya kamu harus memiliki kejelasan, tidak hanya tentang apa yang ingin kamu dari cinta, tetapi apa yang diinginkan dalam hidup dengan pasangan kamu. Segera setelah mengetahui itu, kamu akan yakin telah masuk dalam suatu hubungan dengan tujuan dan visi yang jelas seperti apa yang terjadi antara hubungan kamu dengan si dia. menentukan kreteria akan membantu akan terhindar dari kesulitan terlibat dengan seseorang yang tidak cocok untuk kamu.

2. Ukur romantisme kamu!

Meskipun kedengaranya sudah basi,buatlah daftar harapan pasangan ideal kamu. Isi dengan keinginan pasangan sempurna, istemewa tetapi realistis. Semakin banyak kamu tahu apa yang cocok bagi diri kamu sendiri, semakin mudah juga bagi kamu untuk menangkap momen kapan dia bisa berjalan bersama kamu. Ada banyak definisi romantis atau romantisme, yang jelas kata Robert Billingham, profesor dari india University, AS. Romantisme itu bukan sekedar belaian lembut, kata-kata manis, kerlingan mata dan sekotak cokelat atau segudang pujian.
“Bagi wanita, romantisme adalah refleksi kepercayaan terhadap pasanganya,” Kata Billingham. “Seorang wanita akan menyadari keintiman sekseual melibatkan kerelaan untuk menyerahkan diri, dan itu juga dilakukan karena dia percaya kepada pasanganya. Romantisme wanita biasanya mengandung emosional. Sementara bagi pria, bersikap romantis lebih mengarah pada rasa kasih, sayang, provider dan protektor. “Ketika bersikap roamntis, pria sebenarnya ingin mengatakan aku sayang kamu dan tak bermaksud jahat, maka percayalah kepadaku.” Ujar Billingham.
Tapi sayang, sedikit sekali pria yang melibatkan emosi dan kepercayaan dalam romantisme. Hal itu menyebabkan rasa kasih, sayang, dan proteksi yang ingin disampaikan kadang tak sampai ke tujuan. Menurut Billingham, pria lebih mengutamakan gairah dan seks dalam romantisme. Kenapa begitu? Seorang neurolog, Dr. James Olds menjelaskan. Hal itu disebabkan oleh perbedaan struktur biologis dan seks antara pria dan wanita. “Itulah kenapa pria dan wanita memandang romantisme dari kaca mata yang berbeda, “ujar Olds, si neurolog dari George Marson University, Virginia, AS.

3. Cintai diri sendiri!
Ada pepatah mengatakan. “Kamu tidak akan bisa membahagiakan orang lain sampai kamu membahagiakan diri kamu sendiri.” Hal ini tidak akan membantu pada saat bertemu dengan seseorang yang baru tetapi juga membantu kamu memulai hubungan pada saat yang tepat.

4. Jadialh yang terbaik!

Cinta buka hanya sekedar mencari seseorang yang akan membuat kamu bahagia, kococokan akan menghasilkan yang terbaik dan memungkinkan seseorang yang akan membuat kamu menjadi sesorang yang sangat bahagia dan lebih produktif. Cara terbaik untuk menemukan cinta sejati adalah pintar-pintarlah memilih seseorang dan jelaskan mengapa kamu memilihnya.


Created by d'za
Read More...

+ Cinta pada pandangan pertama
Saya yakin anda pernah mengalaminya, bahkan mungkin anda masih mengingat sosokya sampai saat ini. Cinta pada pandangan pertama baru tahap jatuh cinta atau pesona pada ketertarikan fisik saja. Cinta seperti itu digolongkan dalam passionate love yang ditandai oleh rasa rindu yang hebat untuk bertemu. Berbeda dengan true love yang lebih dewasa, sangat jauh dari emos yang menggebu-gebu dan merupakan perpaduan antara rasa kasih sayang yang mendalam, pengertian, komitmen dan keintiman. Ketertarikan atau pesona pada pandangan pertama bisa saja kemudian berubah dan berkembang menjadi true love setelah diikuti dengan proses berikutnya, yaitu perkenalan dan penjajakan. Dalam islam, perkenalan dan penjajakan seharusnya tidak berlebihan. Semuanya diatur dalam mekanisme ta`aruf menuju pernikahan. Oleh karena itu sebaiknya pandangan terus dijaga, menunduk dan mengalihkan pandangan bila memang bukan haknya. Karena bila sudah memandang, biasanya akan mengundang ketertarikan. Banyak sudah yang membuktikan, bahwa memori karena pandangan tidak mudah untuk dihilangkan.

+ Fase datangnya cinta

Dalam hubungan antar jenis kelamin, terutama yang sedanng dilanda asmara, fenomena cinta sebenarnya terlalu sulit dirasakan. Nah, ketika mata bertemu yang berlanjut pada persentuhan tangan, biasanya orang akan merasakan gejala yang sama, yaitu darah mengalir lebih cepat, semburat merah muncul pada pipi, keringat dingin membasahi telapak tangan, bahkan menghela napaspun jadi terasa berat. Dalam situasi seperti inilah hati bagaikan bergolak, disesaki gelora cinta. Menurut Helen Fischer, seoarng “peneliti cinta” pada Universitas Boston, AS. reaksi romantisme semacam itu timbul berkat kerja sejumlah hormon yang ada dalam tubuh, khususnya pada hormon yang diproduksi oleh otak. Gelora cinta manusia yang meledak-ledak. Celakanya, senyawa antar hormon ini sangat rentan, dan berdasarkan toeri four years itch yang dipublikasikanya, daya tahan gelora cinta itu hanya mencapai empat tahun saja. Setelah itu punah tak berbekas, sebagaimana yang terjadi pada sebuah reaksi kimia, wujudnya tak akan pernah kembali seperti semula.
Sesungguhnya pula, perasaan yang menghanyutkan dalam masa jatuh cinta tadi bisa dianalisis secara kimiawi, jadi prosesnya dimulai saat mata saling bertemu. Tangan yang bersentuhan bagaikan dialiri tegangan listrik. Fenomena ini sudah pasti karena ulah hormon tertentu yang ada di otak, mengalir ke seluruh saraf hingga ke pembuluh darah yang terkecil sekalipun. Inilah yang membuat wajah memerah, dan timbul perasaan melayang, aliran darah yang demikian cepat membuat bernafaspun menjadi berat. Ngmong-ngmong bagaimana hormon dalam otak bekerja, ketika seorang jatuh cinta? Bisa dijelaskan sebagai berikut. Ketika kontak mata sedang berlansung tertanam sebuah kesan, inilah fase pertama. Otak bekerja bagaikan komputer yang menyajikan sejumlah data yang pernah terekam sebelumnya, ia mencari apa yang membuat pesona itu muncul. Kalau sudah begini bau yang ditimbulkan oleh lawan jenis pun bisa menjadi pemicu timbulnya rasa romantis. Fase kedua, yaitu munculnya hormon phenylethylamine (PEA) yang diproduksi oleh otak. Inilah sebabnya terkesan oleh seseorang, secara otomatis senyumpun dilontarkan, spontan, pabrik PEA pun aktif bekerja ketika “peluit” mulai dibunyikan. Hormon dopamine dan norepinephrine yang juga terdapat dalam saraf manusia turut mendampingi, hormon-hormon inilah yang menjadi pemicu timbulnya gelora cinta. Setelah dua tiga tahun, efektivitas hormon-hormon ini mulai berkurang. Fase Ketiga, yaitu ketika gelora cinta sudah reda, yabng tersisa hanyalah kasih sayang. Hormon endorphins, senyawa kimia yang identik dengan morfin, mengalir ke otak. Sebagaimana efek yang ditimbulkan narkotik, saat inilah tubuh merasa nyaman, damai dan tenang. Ada hormon lain yang akhir-akhir ini dihubungkan dengan cinta. Diproduksi oleh otak, hormon ini membuat saraf menjadi sensitif, saat itulah tubuh akan didorong untuk merasakan sensasi cinta. Hormon ini pulalah yang diduga bisa mendorong terjadinya proses orgasme ketika bercinta.


Created by d'za
Read More...

Sebenarnya apa sih web hosting itu? Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, apa yang terlihat di browser Anda pada dasarnya adalah halaman website yang di download dari web server ke komputer Anda. Umumnya sebuah website terdiri dari banyak halaman web. Halaman web itu sendiri disusun dari rangkaian teks, gambar, gambar bergerak, atau mungkin suara, dan efek - efek visual lain. Seluruh halaman web dan rangkaian file pendukungnya harus diletakkan pada sebuah web server sehingga pengguna internet di seluruh dunia dapat mengaksesnya. Jadi jika Anda punya rencana untuk membuat sebuah website, Anda membutuhkan sebuah web server. Ketika halaman website Anda tersebut sudah tempatkan pada websever tersebut, maka semua pengguna internet di seluruh dunia dapat mengakses website Anda. Perusahaan yang menyewakan web server dimana Anda dapat meletakkan halaman - halaman website Anda agar dapat diakses melalui internet disebut sebagai web hosting provider.
Sebuah perusahaan web hosting yang memiliki reputasi dan layak dipercaya biasanya telah melayani ribuan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Seperti misalkan Indorackhosting yang merupakan anak perusahaan Rumahweb, telah melayani lebih dari 4000 website sejak tahun 2002 (silahkan lihat profil Indorackhosting - web hosting Indonesia untuk mengenal lebih jauh). Untuk dapat memberikan layanan hosting, web hosting provider seperti kami memiliki beberapa server (per Januari ini kami sudah memiliki 12 server di US maupun di Indonesia lho :P). Server - server tersebut terkoneksi dengan internet dalam kecepatan yang sangat tinggi mencapai satuan gigabyte per detik. Selain untuk meletakkan file - file web, web hosting biasanya juga memiliki banyak fasilitas lain seperti misalnya :
* Mail Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda membuat mail account atas nama domain sendiri
* Database Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda menyimpan database
* dan lain - lain. Silahkan coba cek fasilitas hosting di paket - paket hosting yang tersedia


+ Pilih Hosting Gratis atau Hosting Berbayar

Layanan web hosting memungkinkan pemilik website untuk menempatkan file - file web pada sebuah web server sehingga dapat diakses dimana saja. Saat ini cukup banyak perusahaan yang menawarkan fasilitas hosting baik di dalam maupun luar negeri. Namun yang menarik adalah bahwa juga terdapat perusahaan yang menawarkan layanan hosting gratis. Pada hosting gratis, user mendapatkan hak yang relatif sama yakni mendapatkan sejumlah space untuk mengupload website dan bahkan membuat database dan semuanya gratis. Namun layanan hosting gratis ini hanya sesuai digunakan oleh pemilik website pemula yang masih dalam tahap belajar atau user yang websitenya tidak terlalu menuntut kualitas dan jaminan layanan.
Di sisi lain, pada layanan hosting yang berbayar user harus membayar biaya berlangganan yang bervariasi tergantung pada kapasitas simpan, batasan traffic, dan faktor lainnya. Satu hal yang pasti, biaya yang dibayarkan oleh pelanggan webhosting tentunya digunakan untuk membiayai penyediaan layanan tersebut. Sedangkan pada layanan hosting gratis, biaya pengadaan layanannya di dapatkan dari banner atau iklan yang dipasang pada halaman web pelanggan, meskipun tidak semua layanan hosting gratis melakukan hal tersebut.
Keuntungan utama menggunakan hosting gratis tentu saja adalah karena gratis :) dan hal tersebut sangat sesuai dengan user pada tahapan pemula dan belajar untuk mengenal lebih jauh mengenai internet dan pembuatan website. Keuntungan yang lainnya adalah bahwa penyedia layanan hosting gratis kebanyakan menyediakan tools - tools yang memudahkan user untuk mengupload website atau bahwa membuat website tersebut dengan online wizard. Mereka sadar betul bahwa market mereka adalah pengguna internet pemula.
Namun tentu saja layanan hosting gratis juga memiliki beberapa sisi negatif. Beberapa perusahaan menampilkan banner / iklan pada website pelanggan dimana iklan tersebut belum tentu sesuai dengan isi website. Sisi negatif yang lain adalah bahwa mereka tidak memiliki jaminan sampai kapan layanan hosting gratis tersebut akan tetap online. Beberapa layanan hosting gratis yang tidak menampilkan banner atau iklan pada website pelanggannya bertujuan untuk mengumpulkan pelanggan sebanyak - banyaknya untuk kemudian digiring ke arah layanan hosting berbayar milik mereka pada waktunya nanti.

+ Memilih Web Hosting yang Tepat

Mencari Web Hosting yang TepatJumlah perusahaan web hosting di Indonesia baik yang dioperasikan oleh personal maupun perusahaan resmi kian menjamur. Satu hal yang wajar, mereka semua mengklaim perusahaannya adalah yang nomor wahid dengan harga yang tak terkalahkan. Butuh kejelian atau mungkin saran yang dapat dipercaya dalam memilih layanan web hosting yang benar – benar dapat diandalkan dan konsisten dalam memberikan layanan. Jangan khawatir, salah memilih hosting adalah hal yang sangat umum :) Tapi sebaiknya Anda membaca artikel ini agar tidak salah memilih.
Sebelum mulai mencari web hosting yang tepat, silahkan coba analisa terlebih dahulu kebutuhan Anda sebenarnya. Fitur apa saja yang Anda inginkan? Bahasa pemrograman web apa yang akan dugnakan? Berapa e-mail address dan kapasitas e-mail yang dibutuhkan? Apakah Anda sudah memiliki domain? Seberapa besar traffic yang mungkin akan dihabiskan oleh website Anda? Semua pertanyaan tersebut akan sangat membantu kita memilih layanan hosting yang benar – benar tepat. Di tengah pencarian, mungkin kita sempat menemukan adanya webhosting yang menawarkan “unilimited bandwidth” – Hati – hati! Istilah bandwidth atau lebih tepat disebut “data transfer” menunjukkan batasan jumlah data yang dikirim dan diterima antara server hosting dan pengunjung website Anda. Kebanyakan perusahaan hosting menyewa server dari datacenter yang akan mengenakan biaya tertentu untuk pemakaian bandwidth di atas quota yang mereka tentukan. Oleh pihak datacenter, rata – rata sebuah server diberi limit 1- 2 terabytes per bulan. Selebihnya penyewa server harus membayar lagi untuk kelebihan pemakaian data transfernya. Jadi logikanya memang tidak mungkin jika ada perusahaan hosting yang bisa benar – benar memberikan unlimited bandwidth.
Perlu juga dimengerti bahwa tidak semua staff customer service perusahaan hosting terbiasa melayani pelanggan pemula. Staff customer service yang profesional, berdedikasi kepada pelanggan, dan cepat merespon pertanyaan pelanggan harus menjadi penentu pilihan terpenting. Cara termudah untuk mengujinya adalah dengan mengirimkan e-mail pertanyaan tentang layanan hosting dan pantau seberapa cepat perusahaan hosting tersebut meresponnya. Atau jika ada layanan online chat dengan customer service, gunakan untuk bertanya mengenai layanan dan hal – hal lain yang mampu menggiring penilaian kita tentang profesionalitas mereka.
Cara lainnya adalah dengan meminta feedback atau pendapat umum mengenai perusahaan hosting bersangkutan melalui forum, mailing list, atau media lain. Tentu saja semakin banyak orang menanggapi pertanyaan Anda, semakin kuat referensi Anda dalam memilih perusahaan hosting yang benar – benar dapat diandalkan.
Jangan lupa untuk mencari informasi berapa lama perusahaan hosting tersebut telah beroperasi. Semakin lama tentunya semakin menjadi pertimbangan yang positif. Ingatlah bahwa selaku pelanggan Anda memiliki kesempatan memilih. Gunakan kesempatan tersebut untuk memilih webhosting yang benar - benar sesuai dengan harapan Anda.


Created by d'za
Read More...

Sebuah situs web adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain.
Terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada didalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah web page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan. Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Penemu Website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperling yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa Personal Computer, Laptop Computer, PDA ataupun Cellphone. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan Web Server, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari user. Apache adalah bahasa program/software yang biasa digunakan didalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Server (IIS).
Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
1. Elemen 1 Text Editor. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor tersebut.
2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki template, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke web server secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih template yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat website tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
Sebuah website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.
Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa diantaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis. Situs juga bisa termasuk didalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML, contohnya adalah RSS. Isi situs yang statis juga secara periodik di generate, atau, apabila ada keadaan dimana dia butuh untuk dikembalikan kepada keadaan semula, maka dia akan di generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya supaya tetap terjaga.
Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang dirubah, tak perlu di load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.
Seperti yang tertulis di atas, di luar sana ada beberapa perbedaan dalam penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, academia, dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan 2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminilogi umum, namun ia adalah kependekan dari World Wide Web.


Created by d'za
Read More...

Kemarin malam setelah saya jalan-jalan ke blognya mas Isnaini, terus dapat info bagus, khususnya bagi pengguna gmail. Jadi begini, buat yang males buka email melalui browser karena loading yang lama, maka anda bisa menggunakan Gmail Notifier yang bisa anda download di sini, ukuran filenya sangat kecil sekitar 293 kb. Fungsinya tentu saja untuk memudahkan kita mengecek email tanpa membuka browser, sehingga lebih cepat dan efisien.
Setelah selesai mendownload Google Notifier, lalu instal ke komputer anda. Setelah itu akan muncul ikon email dengan gambar amplob di system tray komputer anda. Untuk mengecek email, anda tinggal klik kanan icon tersebut kemudian pilih/klik Check Mail Now, lalu masukkan user name dan password anda, lalu tekan OK. Email anda akan muncul dalam bentuk slidshow.
Jika ingin melihat semua daftar inbox email anda, klik kanan icon tadi kemudian pilih View Inbox, maka email akan terbuka di browser default komputer anda. Anda juga bisa memilih sendiri browser default yang anda inginkan untuk membuka email, dengan mengklik kanan icon tadi kemudian pilih options lalu pilih browser yang anda sukai (browser yang sudah terinstal dlm komputer anda)


Created by d'za
Read More...

Oke, di artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara-cara merakit komputer.  Sebelum membaca artikel ini, ada baiknya anda membaca dulu artikel sebelumnya yang menjelaskan tentng maca-macam PC hardware komputer. Untuk membacanya klick di sini. Tanpa basa-basi lagi langsung saja kita mulai melakuaknya.

+ Persiapan :
1. Persiapkan tools yang dibutuhkan seperti obeng(+) dan (-)
2. Pastikan komputer dalam keadaan mati (power off)
3. Jauhkan segala magnet dari hardisk.
4. Jauhkan air dan cairan dari komputer dan komponennya.
5. Sangat disarankan menginstall dengan disertai manual dari motherboard.

+ Menginstall Processor : (Jenis Socket) :
1.  Lokasikan soket Zif dan buka dengan menarik tangkai soket keatas
2. Masukkan CPU kedalam socket dengan menjaga keadaan tangkai soket ketika memasukkan CPU
3. Ketika memasukkan CPU harus memperhatikan orientasi yang benar ada petunjuk khusus pada pocessor dan socket.
4. Dorong kebawah CPU dan kembalikan tangkai soket ke posisi semula.
5. Letakkan Heatsink diatas CPU dan pasang pengikatnya dengan benar.
6. Rangkaikan kabel fan (kipas) dengan supply.
Untuk tipe Slot :
Perhatian : Beberapa Motherboard masih memakai jumper setting atau Dip setting untuk mengatur kecepatan clock untuk processor. Sebagaian yang lainnya secara otomatis mendeteksi kecepatan processor atau setting secara BIOS.

+ Menginstall Memori
Jumlah slot dari memori tergantung dari slot yang tersedia pada MotherBoard. Cara pemasangan DIMM (SDRAM) :
1. Buka kancing socket
2. Periksa figure cetakan RAM
3. Masukkan modul SDRAM ke DIMM slot
4. Kunci/Tekan kembali kancing

+ Menginstall AGP Card
1. Cari Lokasi AGP slot
2. Pasang AGP Port dengan hati-hati, tekan tegak lurus dengan bidang motherboard.
3. Pemasangan peralatan lainnya pada slot PCI atau ISA seperti VGA Card, Sound Card dll caranya sama dengan pemasangan AGP card. Perbedaan hanya jenis Slot yang akan dipasang.

+ Menginstall HardDisk :
1. Cari Port IDE pada MotherBoard
2. Pasang ujung kabel pada IDE connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada IDE connector.
3. Pasang ujung lainnya pada HardDisk
4. Pasang kabel supply HardDisk (perhatikan bentuk pasangan socket power supply)

+ Menginstall Disk Drive :
1. Cari Port FDD pada MotherBoard
2. Pasang ujung kabel pada FDD connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada FDD connector.
3. Pasang ujung lainnya pada DiskDrive
4. Pasang kabel supply Disk Drive (perhatikan bentuk pasangan socket power supply)
+ Menginstall Connector untuk Panel pada Chasing
1. Pasang dengan teliti dan connector untuk panel depan Chasing.
2. Posisi pin/kaki connector tergantung MotherBoard (lihat pada manual MB atau perhatikan data yang tertulis disekitar MotherBoard)
+ Menginstall Power Suplly untuk MotherBoard
Pasangkan kabel powersupply yang berwarna warni dari casing ke connector powersupply yang tersedia pada MotherBoard, dengan cara menekanconnector.
+ Memasang Chasis panel Connector
Hubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti KeyBoard, Mouse, Monitor, dll
+ Aktifkan Komputer
Sebelum mengaktifkan komputer pasang terlebih dahulu supply untuk casing (220V) demikian juga untuk monitor.

+Setting BIOS
Mensetting hal-hal yang diperlukam untuk mengoptimalkan peralatan yang terpasang pada Motherboard. Software BIOS tergantung pada pabrik pembuat MotherBoard.

Troubleshooting Komputer
Kesalahan atau ketidakberhasilan dalam merakit komputer umumnya disebabkan antara lain :
1. Pemasangan Memori yang tidak benar, Motherboard yang baik akan memberi sinyal suara peringatan bahwa pemasangan memori tidak benar. Check dan pasang dengan benar.
2. Pemasangan Card AGP atau VGA yang kurang kencang atau pas, Motherboard yang baik akan memberikan sinyal suara peringatan. Check dan pasang dengan benar.
3. Pemasangan Kabel data untuk HardDisk yang tidak pas atau terbalik. Atau pengaturan posisi Master atau Slavepada HardDisk yang tidak tepat. Betulkan serta check pada jumper HardDisk untuk posisi Master/Slave dan check dengan autodetect HardDisk pada BIOS. 
4. Pemasangan Kabel Data Disk Drive yang tidak pas atau terbalik. Betulkan 
5. Pemasangan panel connector yang tidak tepat sehingga lampu ndicator untuk HardDisk dan Power On tidak aktif. Betulkan.


Created by d'za
Read More...

+ Pengenalan Hardware komputer
Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu :
1. CPU ( Central Processing Unit )/Processor
2. Memory ( RAM dan ROM )
3. Input/Output.
Secara sederhana Blok Diagramnya dapat dilihat pada gambar berikut :
Dimana bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board, selanjutnya akan diperinci bagian-bagian dari Komputer tersebut :
1.1 Central Processing Unit / Processor

Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.

1.2 Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat. Berdasarkan kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori seperti pada table 1.1. berikut:

Selain menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan – hubungan lain, yaitu :
• Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
• Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas. Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan. Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agara intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.

1.2.1 Register Memori
Merupakan jenis memori dimana kecepatan akses yang paling cepat, Memori ini terdapat pada CPU/Processor. Contoh : Register Data, Register Alamat, Stack Pointer Register, Memory Addresss Register, I/O Address register, Instruction Register , dll.

1.2.2 Cache Memori
Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal daripada memori utama. Cache memory ini ada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan. Cache Memory ini ada dua macam yaitu :
1. Cache Memory yang terdapat pada internal Processor , chace memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, dan harganya sangat mahal. Hal ini bisa terlihat pada Processor yang berharga mahal seperti P4,P3,AMD-Athlon dll, semakin tinggi kapasitas L1,L2 Chace memori maka semakin mahal dan semakin ceppat Processor.
2. Chace Memory yang terdapat diluar Processor, yaitu berada pada MotherBoard, memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, meskipun tidak secepat chache memori jenis pertama ( yang ada pada internal Processor). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat. Hal ini bisa kita lihat pada Motherboard dengan beraneka ragam kapasitas chace memory yaitu 256kb, 512kb, 1Mb, 2Mb dll.

1.2.3. Memori Utama
Memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis Memori Utama :
1. ROM ( Read Only memory) yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System) yang terdapat pada Mother Board yang berfungsi untuk men- setting peripheral yang ada pada system. Contoh: AMIBIOS, AWARD BIOS, dll ROM untuk BIOS terdapat beragamjenis diantaranya jenis Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahhan pembuat Mother Board, yang umumnya penggantian tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Mother Board.

2. RAM (Random Acces Memory) yang memiliki kemampuan untuk dirubah data atau program yang tersimpan didalamnya. Ada bebrapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini:
• SRAM
• EDORAM
• SDRAM
• DDRAM
• RDRAM
• VGRAM
• Dll.
Pada memori jenis RAM dikenal istilah BUS SPEED, seperti PC66, PC100, PC 133, PC200, PC 400 dll yang artinya adalah kecepatan aliran data atau program pada memori dimana semakin besar nilai BUS SPEED, maka semakin cepat akses terhadap memori tersebut.

1.2.4 Memori Sekunder
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk dll Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Memori Sekunder dapat dijelaskan dengan gambar 1.3 ,berikut :

 3. Input/Output Unit

Input/Output Unit merupakan bagian dari komputer untuk menerima data maupun mengeluarkan/menampilkan data setelah diproses oleh Processor. Untuk mempermudah pembahasan tentang Input/Output unit, pada buku ini akan dijelaskan dalam dua bagian, yaitu :
• Port I/O
• Peripheral I/O

3.1 Port I/O
Port I/O merupakan Port atau Gerbang atau tempat dipasangnya conector dari peralatan I/O. Dimana setiap port I/O dibawah kontrol dari Processor. 1. Port Paralel (LPT1 atau LPT2) Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara parallel. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah : Printer, Scanner dll.
2. Port Serial (Com1, Com2 ) Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah : Mouse, Modem , dll.
3. Port AT / PS2 Port ini umumnya digunakan untuk masukan dari Keyboard, Mouse.
4. USB Port USB Port (Universal Serial Bus ) Port merupakan Port Serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh Perlatan yang menggunakan USB port :Camera Digital
5. Port VGA Merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card.
6. Port Audio Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti Tape, Radio, Speaker, Microphone, dll.

 
3.2 Peripheral I/O
Peripheral adalah sesuatu yang mengacu ke peralatan external yang dihubungkan dengan komputer. Peripheral komputer dapat dibagi ke dalam dua kategori berdasarkan fungsi. Kategori pertama terdiri atas peralatan yang melaksanakan operasi input dan output, kategori ini meliputi keyboard, trackball, mouse, printer, dan display video. Kategori kedua terdiri atas peralatan yang diutamakan pada penyimpan data sekunder, yang mana penyimpan utamanya disediakan oleh memori utama komputer.Ada banyak sekali peralatan penyimpan, seperti disk magnetic, optical disk, magnetic tapes, yang mampu untuk menyimpan data yang besar. Pada buku ini akan dikenalkan peralatan yang umum digunakan pada Personal Computer (PC) :
• KeyBoard
• Monitor
• Mouse
• Printer
• Scanner
• Disk Drive, Zip Drive
• CD ROM Drive

+ Perkembangan Hardware Komputer

Perkembangan teknologi elektronik yang paling pesat dan banyak dipakai dibanyak bidang dalam menyelasaikan pekerjaan maupun untuk memperolah informasi tidak lain adalah komputer. Perkembangan komputer ini diakibatkan oleh perkembangan mikroprosesor (processor) sebagai otak dalam menangani keseluruhan dari kerja komputer.

2.1 Perkembangan Mikroprosesor Intel dan Personal Computer(PC) Sesuai dengan waktu evolusi generasi-generasi prosesor yang baru bermunculan dengan perfomance yang lebih canggih, baik dari segi kualitas maupun kerumitannya. Perkembangan tipe prosesor :
• XT 8086 – 8088
• AT 286, AT 386, AT 486
• Pentium I : AT 80586 dengan 50 Mhz, 70 Mhz, 90 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz
• Pentium II : 266 Mhz., 300 Mhz, 350 Mhz, 400 Mhz, 450 Mhz.
• Pentium III : 500 Mhz, 550 Mhz, 600 Mhz, 650 Mhz, 700 Mhz.
• Dan generasi terbaru sekarang Pentium IV ke atas

2.2 Processor selain Intel dan perkembangannya. Pangsa pasar yang menggiurkan untuk teknologi Komputer di Indonesia menyebabkan processor yang ada di Pasar tidak hanya produk Intel Co. tetapi Perusahaan lain seperti AMD ( Advanced Micro Device ) serta Cyrix juga mengeluarkan beberapa jenis Processor yang berusaha mengimbangi produk-produk dari Intel. Produk-Produk dari AMD antara lain : AMD K-5, AMD K-6, AMD K6-2, AMD K6-3, AMD K-7, AMD Duron, AMD Athlon. Dimana produk-produk AMD ini ternyata beberapa dan belakangan ini berhasil melampaui kemampuan dari produk- produk Intel. Berikut merupakan data-data perbandingan arsitektur produk AMD dan Intel serta hasil Benchmark ( Test Kehandalan uProcessor).


Processor AMD dikenal dengan harga yang lebih murah dengan kehandalan yang tidak kalah dengan produk Intel. Selain AMD, Processor merk lain yang beredar dipasaran Indonesia adalah processor merk Cyrix yaitu Cyrix 6x86, M-II, dan M-III, tetapi sayangnya Processor merk Cyrix ini tidak seberhasil AMD untuk membuat processor tandingan bagi Intel. Berikut ini akan ditampilkan beberapa Gambar Processor :

 
  
  
  
 

2.3 Mother Board
Mother Board merupakan board/papan induk dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Yang harus diperhatikan dalam memilih ataupun merakit Mother board adalah bahwa setiap Motherboard memiliki spesifikasi yang berbeda untuk setiap merk atau type antara lain :
1. Setiap Motherboard memiliki pasangan dengan processor tertentu, yaitu type socket atau slot yang tersedia untuk prosessor.
2. Kemampuan Motherboard untuk bisa di Up-grade sampai dengan kecepatan Processor berapa. Umumnya motherboard mampu untuk di-upgrade dengan mengganti processor. Informasi tentang hal ini sangat penting untuk pembelian motherboard dengan pertimbangn untuk bisa di upgrade.
3. Kapasitas memory RAM yang bisa dipasang pada Motherboard Semakin besar kapasitas memory yang disediakn semakin menguntungkan.
4. Slot yang tersedia untuk setiap jenis RAM, misalnya berapa slot yang disediakan untuk EDO RAM, SDRAM dll.
5. Setting Motherboard secara BIOS (software) atu secara jumper setting .
6. Jumlah slot untuk PCI dan ISA. Slot slot tersebut sangat bermanfaat untuk penmbahan peripheral seperti audio card.
7. Apakah motherboard Support untuk AGP bagi VGA card, support AGP akan lebih menguntungkan untuk persediaan apabila diinginkan peningkatan kemampuan grafis dari computer dengan memasang AGP card.
8. Speed Bus untuk memory sampai dengan kecepatan berapa ( 66,100,133,200,400 Mhz).
9. Apakah VGA card dan audio Card sudah onboard atau tidak.
10. Power Supply untuk Mother Board AT atau ATX atau Baby AT. Semua informasi diatas dapat diketahui dari manual book yang ada pada motherboard. Bebrapa jenis Slot atautu Socket untuk processor antara lain :
• Slot 1
• Slot 2
• Socket7
• Slot A
• Socket A
• Socket 370
• Socket 8
• Socket 423

Slot1
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor P-III dan celeron Slot2 Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium II Xeon 9 Socket 7 Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD K6-2, AMD K6-3 dan Cyrix M-II serta Pentium MMX.

Slot A
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon, AMD Thunderbird. 
Socket A 
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon dan AMD Duron.
Socket 370
Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Intel® Pentium® III (Tualatin and Coppermine) /CeleronTM
Socket 8
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium®II and Pentium® Pro .
Socket 423
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-4.
 
  
 




Referensi : http://www.ilmukomputer.com


Created by d'za
Read More...

Tahukah anda bahawa komputer yang anda gunakan pada hari ini telah berkembang teknologinya sejak 6 dekad yang lepas, bahkan pada ianya dicipta, anda mungkin belum dilahirkan lagi. Sejarah perkembangan komputer telah lama bermula iailu sejak tahun 1940 dan dapat dibahagikan kepada 4 generasi dari menggunakan elektronik sepenuhnya sehinggalah kepada penggunaan mikro komputer.
Mari kita lihat perkembangan generasi komputer yang telah dihuraikan oleh pengkaji-pengkaji bidang ini.

1) GENERASI PERTAMA (1940-1959)

Komputer dihasilkan adalah elektronik sepenuhnya. Saiznya agak besar (hampir menyamai sebuah bilik tidur) dan dikategorikan kepada Kerangka Utama (Mainframe), la menggunakan tiub vakum untuk memproses dan menyimpan maklumat. Tiub vakum berukuran seperti mentol lampu kecil yang cepat panas dan mudah terbakar. Jumlah tiub vakum yang diperlukan amat banyak agar tidak menjejaskan keupayaan komputer. la juga menggunakan tenaga elektrik dengan banyak.
Pada tahun 1946, menyaksikan komputer elektronik sepenuhnya direka oleh Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert telah mencipta ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator). ENIAC mengambil ruang sebanyak 140 meter persegi, berat 30 ton, menggunakan 130 kilowatt tenaga dan 1800 tiub vakum. Ingatannya disimpan diluar dengan menggunakan suiz dan wayar. la berupaya melakukan 5000 pencampuran dan 300 pendaraban sesaat. la dikendalikan oleh hanya jurutera terlatih. John Von Neumann akhirnya mencadangkan penggunaan Konsep Aturcara Tersimpan iaitu komputer menyimpan ingatan di dalam storan utama. la menggunakan nombor binari.
Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert sekali lagi mencipta EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang mengurangkan penggunaan tiub vakum. la lebih cekap dari ENIAC dan menggunakan Konsep Aturcara Tersimpan. EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) yang menggunakan raksa dan tiub vakum untuk menyimpan ingatan telah dicipta. UNIVAC1 (Universal Automatik Calculator) ciptaan Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert mula dikeluarkan pada tahun 1951 adalah komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan. la juga menggunakan raksa untuk storan.

2) GENERASI KEDUA (1959-1964)

Transistor dan diod digunakan bagi menggantikan tiub vakum walaupun ia mudah terbakar. Cara baru untuk menyimpan ingatan iaitu Teras Magnetik diperkenalkan. la menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh litar elektrik. Keupayaannya memproses lebih besar. la mula menggunakan bahasa pengaturcaraan peringkat tinggi iaitu FOTRAN(1954) dan COBOL(1959) bagi menggantikan bahasa mesin. Minikomputer dihasilkan. la lebih murah dan lebih kecil berbanding dengan Kerangka Utama. la digunakan bagi tujuan memproses data perniagaan, universiti selain di bidang ketenteraan. (Contoh : DEC PDP-8, IBM 7090 dan IBM 7094)


3) GENERASI KETIGA (1964-1980)

la bermula apabila IBM (Internatinal Business Machine) memperkenalkan Sistem/360 iaitu Kerangka Utama yang mengandungi alatan-alatan yang lengkap bagi memenuhi semua keperluan pengaturcaraan pada masa tersebut.Sistem/360 memperkenalkan ciri baru Sistem Pengoperasian iaitu Konsep Perkongsian Masa. Sistem ini adalah satu kumpulan aturcara yang mengurus dan menyelaras keseluruhan operasi komputer, la memudahkan penggunaan komputer. Disimpan secara kekal dalam Ingatan Utama (ROM) komputer atau storan sekunder.
Konsep ini membenarkan penggunaan banyak stesen secara berasaingan dan dikawal oleh Sistem Induk dimana pemprosesan boleh dilakukan serentak pada sesuatu masa walaupun stesen yang lain digunakan. Supercomputer seperti Cray-1 diperkenalkan bagi mengkaji cuaca dan alam semulajadi.


4) GENERASI KEEMPAT (1980-sekarang)

Penyelidikan microelektronik telah berjaya menghasilkan Litar Bersepadu/Terkamir atau Cip dimana beribu transistor dipadatkan didalam kepingan empat segi silikon melalui proses Pengamiran Skala Besar (Large Scale Integration). Cip mula menggantikan transistor sebagai bahan logik komputer. MicroKomputer merupakan yang terkecil didalam keluarga komputer digital mula dinasilkan seperti Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair.
Bahasa pengaturcaraan BASIC, Pascal, PL/1 C dan Logo mula digunakan. Kebanyakan komputer dibekalkan dengan bahasa secara "bina-dalam" di dalam ROM untuk bahasa BASIC. Bahasa ini merupakan bahasa yang paling popular untuk microkompuler. Perisian tambahan juga diperkenalkan bagi membantu penyelesaian masalah. Laptop, Notebook, Handheld dan Palmtop diperkenalkan. la lebih kecil dari Microkomputer serta mudah dibawa ke mana-mana. Internet iaitu Sistem Rangkaian yang luas menggunakan protokol TCP/IP diperkenalkan sebagai rangkaian perkongsian maklumat secara global. (Processor 6086,80286, 80386,80486, Pentium, Celeron, Pentium II, Pentium 111 dan Pentium 4)

Kesimpulan:

Setelah meninjau keempat-empat generasi komputer, mungkin terbayang difikiran kita tentang bagaimana bentuk komputer pada masa depan. Komputer masa depan mungkin akan berada pada generasi atau tahap kelima yang menggunakan teknologi masa depan. Dapatkah anda bayangkan bagaimana keupayaannya?



Created by d'za
Read More...

Pada artikel saya kali ini, saya akan menjelaskan tentang maca-macam hardware yng digunakan dalam jringan komputer. Hardware pada jaringan komputer terdiri dari beberapa macam jenis. Adapun pembahasan dari hardware pada jaringan komputer itu sendiri adalah sebagaiberikut:
+ Personal Komputer
Personal komputer atau PC merupakan perangkat utama dalam suatu jaringan komputer. PC inilah yang akan bekerja mengirim dan mengakses data dalam jaringan. Kemampuan suatu PC sangat menentukan sekali unjuk kerja dari jaringan. Semakin tinggi kemampuan suatu PC maka akses yang dilakukanpun akan semakin cepat.
contoh gambar komputer
+ Networ kInternet Card (NIC)

NIC merupakan port yang menghubungkan komputer dengan jaringan. Port atau Card ini bergabung di dalam Personal Komputer yang menempel pada MainBoard. Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe Network Interface Card (NIC) atau Network Card, yaitu ISA dan PCI. Saat ini jenis Network Card yang banyak digunakan adalah PCI karena PCI memiliki kemampuan transfer data didalam komputer lebih tinggi dari pada ISA.
contoh gambar NIC

+ Pengkabelan

Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel yang menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan sebuah terminator di ujungnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, penghubung antar komputerpun mengalami perkembangan, mulai dari teknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hingga teknologi serat optik dan laser. Pemilihan jenis kabel sangat terkai terat dengan topologi jaringan yang digunakan. Sebagai contoh untuk jenis topologi Ring umumnya menggunakan kabel Fiber Optik (walaupun ada juga yang menggunakan twistedpair). Topologi Bus banyak menggunakan kabel Coaxial. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (Network Interface Card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi jaringan Star banyak menggunakan jenis kabel UTP. Ada tiga jenis kabel yang pada umumnya digunakan dalam jaringan, yaitu:
·Coaxialcable
·FiberOptik
·Twistedpair

a. Kabel Coaxial
Kabel ini terbagi menjadi dua jenis yaitu thick coaxial cable (mempunyai diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil).

1) Thick coaxial cable
Kabel coaxial jenis ini dispesifikasikan berdasarkan standar IEEE802. 310BASE5, dimana kabel ini mempunyai diameter rata-rata 12mm, dan biasanya diberi warna kuning. Kabel jenis ini biasa disebut sebagai Standard Ethernet atau Thick Ethernet, atau hanya disingkat ThickNet. Kabel Coaxial ini jika digunakan dalam jaringan mempunyai spesifikasi dan aturan sebagai berikut:
• Setiap ujung harus diterminasi dengan terminator 50-ohm (dianjurkan menggunakan terminator yang sudah dirakit, bukan menggunakan satu buah resistor 50-ohm 1watt, sebab resistor mempunyai disi pasi tegangan yang cukup lebar).
• Maksimum 3 segment dengan peralatan terhubung (attached devices) atau berupa populateds egments.
• Setiap Card Jaringan mempunyai pemancar tambahan (ExternalTransceiver).
• Setiap segment maksimum berisi 100 perangkat jaringan, termasuk dalam hal ini Repeaters.
• Maksimum panjang kabel persegment adalah 1.640 feet(atau sekitar 500 meter).
• Maksimum jarak antar segment adalah 4.920 feet(atau sekitar 1500 meter).
• Setiap segment harus diberi ground.
• Jarak maksimum antara pencabang dari kabel utama keperangkat (device) adalah 16 feet( sekitar 5 meter).
• Jarak minimum antar tap adalah 8 feet (sekitar 2,5 meter)
 
contoh gambar  Thick coaxial cable


2) Thin Coaxial Cable

Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan dikalangan radio amatir, terutama untuk Transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar. Untuk digunakan sebagai perangkat jaringan, kabel coaxial jenis ini harus memenuhi standar IEEE802. 310BASE2, dimana diameter rata-rata berkisar 5 mm dan biasanya berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Setiap perangkat (device) dihubungkan dengan BNCT connector. Kabel jenis ini juga dikenal sebagai Thin Ethernet atau ThinNet. Kabel coaxial jenis ini, misalnya jenis RG-58A/U atau C/U, jika diimplementasikan dengan Tconnector dan Terminator dalam sebuah jaringan, harus mengikuti aturan sebagai berikut:
• Setiap ujung kabel diberi terminator 50 ohm.
• Panjang maksimal kabel adalah 1,000 feet (185meter) persegment.
• Setiap segment maksimum terkoneksi sebanyak 30 perangkat jaringan (devices).
• Card Jaringan cukup menggunakan transceiver yang onboard, tidak perlu tambahan transceiver, kecuali untuk repeater.
• Maksimum ada 3 segment terhubung satu sama lain (populatedsegment).
• Setiap segment sebaiknya dilengkapi dengan satu ground.
• Panjang minimum antar TConnector adalah 1,5 feet (0.5meter).
• Maksimum panjang kabel dalam satu segment adalah 1,818 feet (555meter).
contoh gambar Thin Coaxial Cable
b. Fiber Optic
Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.
 
contoh gambar Fiber Optic


c. Twisted Pair Ethernet
Kabel Twisted Pairiniter bagi menjadi dua jenis yaitu shielded twisted pair (STP) dan unshielded twisted pair (UTP). STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan UTP tidak mempunyai sel ubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45. Pada twisted pair (10 BaseT) network, komputer disusun membentuk suatu pola Star. Setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang tersentral pada HUB. Twisted pair umumnya lebih handal (reliable) dibandingkan dengan thincoax, karena HUB mempunyai kemampuan data errorcorrection dan meningkatkan kecepatan transmisi. Saat ini ada beberapa grade atau kategori dari kabel twisted pair. Kategory tersebut dapat dilihat pada tabel dibawah: Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan kategori spesifikasi untuk masing-masing kabel tembaga dan juga untukjack. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel, kualitas pembungkusan kabel (isolator) dan juga untuk kualitas “belitan” (twist) masing-masing pasang kabel. Selain itu juga untuk menentukan besaran frekuensi yang bisa lewat pada sarana kabel tersebut, dan juga kualitasisolator sehingga bisa mengurangi efek induksi antar kabel (noise bisa ditekan sedemikianrupa). Perlu diperhatikan juga, spesifikasi antara CAT 5 dan CAT 5 enchanced mempunyai standar industri yang sama, namun pada CAT 5e sudah dilengkapi dengan insulator untuk mengurangi efek induksi atau electromagnetic interference. Kabel CAT 5e bisa digunakan untuk menghubungkan network hingga kecepatan 1 Gbps.

+ Modem
Modem atau Modul the Modulator adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung kejaringan internet menggunakan kabel telepon.
 
contoh gambar modem


+ Hub/Switch

HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extendedstar. Perbedaan antara HUB dan Switch adalah kecepatan transferdatanya. Yaitu 10:100 Mbps.
 
contoh HUB/Switch


+ Bridge
Bridge adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel unshielded twisted pair (UTP) dan kabel fiber-optic, dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda sepertiToken Ring dan Ethernet. Bridge meregenerate sinyal tetapi tidak melakukan konversi protocol, jadi protocol jaringan yang sama (seperti TCP/IP) harus berjalan kepada kedua segemen jaringan yang terkoneksike bridge. Bridge dapat juga mendukung Simple Network Management Protocol (SNMP), serta memiliki kemampuan diagnosa jaringan. Bridge hadir dalam tiga tipe dasar yaitu Local, Remote,dan Wireless. Bridge local secara langsung menghubungkan Local Area Network (LAN). Bridge remote yang dapat digunakan untuk membuat sebuah Wide Area Network (WAN) menghubungkan dua atau lebih LAN. Sedangkan wireless bridge dapat digunakan untuk menggabungkan LAN atau menghubungkan mesin-mesin yang jauh kesuatu LAN.

Bridge beroperasi mengenali alamat MAC address node asal yang mentransmisi data ke jaringan dan secara automatis membangun sebuah table routing internal. Table ini digunakan untuk menentukan ke segmen mana paket akan diroute dan menyediakan kemampuan penyaringan (filtering). Setelah mengetahui ke segmen mana suatu paket hendak disampaikan, bridge akan melanjutkan pengiriman paket secara langsung ke segmen tersebut. Jika bridge tidak mengenali alamat tujuan paket, maka paket akan diforward ke semua segmen yang terkoneksi kecuali segmen alamat asalanya. Dan jika alamat tujuan berada dalam segmen yang sama dengan alamat asal, bridge akan menolak paket. Bridge juga melanjutkan paket-paket broadcast kesemua segmen kecuali segmenasalnya.
contoh gambar bridge
+ Router

Router adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain. Router banyak digunakan didalam internet work yang besar menggunakan keluarga protocol TCP/IP dan untuk menghubungkan semua host TCP/IP dan Local Area Network (LAN) ke internet menggunakan dedicated leased line. Saatini, masih banyak perusahaan menggunakan router Cisco 2500 series untuk mengkoneksikan dua buah LAN (WAN dengan anggot adua LAN), LAN ke ISP(Internet Service Provider). Koneksi seperti ini menyebabkan semua workstation dapat terkoneksi ke internet selama 24 jam. Router berisi table-tabel informasi internal yang disebut label routering yang melakukan pencatatan terhadap semua alamat jaringan yang diketahui dan lintasan yang mungkin dilalui. Router membuat jalur paket-paket berdasarkan lintasan yang tersedia dan waktu tempuhnya. Karena menggunakan alamat paket jaringan tujuan, router bekerja hanya jika protocol yang dikonfigurasi adalahp rotocol yang route table seperti TCP/IP atau IPX/SPX. Ini berbeda dengan bridge yang bersifat protocol independent.
 
contoh gambar Router
Read More...