Sebenarnya apa sih web hosting itu? Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, apa yang terlihat di browser Anda pada dasarnya adalah halaman website yang di download dari web server ke komputer Anda. Umumnya sebuah website terdiri dari banyak halaman web. Halaman web itu sendiri disusun dari rangkaian teks, gambar, gambar bergerak, atau mungkin suara, dan efek - efek visual lain. Seluruh halaman web dan rangkaian file pendukungnya harus diletakkan pada sebuah web server sehingga pengguna internet di seluruh dunia dapat mengaksesnya. Jadi jika Anda punya rencana untuk membuat sebuah website, Anda membutuhkan sebuah web server. Ketika halaman website Anda tersebut sudah tempatkan pada websever tersebut, maka semua pengguna internet di seluruh dunia dapat mengakses website Anda. Perusahaan yang menyewakan web server dimana Anda dapat meletakkan halaman - halaman website Anda agar dapat diakses melalui internet disebut sebagai web hosting provider.
Sebuah perusahaan web hosting yang memiliki reputasi dan layak dipercaya biasanya telah melayani ribuan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Seperti misalkan Indorackhosting yang merupakan anak perusahaan Rumahweb, telah melayani lebih dari 4000 website sejak tahun 2002 (silahkan lihat profil Indorackhosting - web hosting Indonesia untuk mengenal lebih jauh). Untuk dapat memberikan layanan hosting, web hosting provider seperti kami memiliki beberapa server (per Januari ini kami sudah memiliki 12 server di US maupun di Indonesia lho :P). Server - server tersebut terkoneksi dengan internet dalam kecepatan yang sangat tinggi mencapai satuan gigabyte per detik. Selain untuk meletakkan file - file web, web hosting biasanya juga memiliki banyak fasilitas lain seperti misalnya :
* Mail Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda membuat mail account atas nama domain sendiri
* Database Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda menyimpan database
* dan lain - lain. Silahkan coba cek fasilitas hosting di paket - paket hosting yang tersedia


+ Pilih Hosting Gratis atau Hosting Berbayar

Layanan web hosting memungkinkan pemilik website untuk menempatkan file - file web pada sebuah web server sehingga dapat diakses dimana saja. Saat ini cukup banyak perusahaan yang menawarkan fasilitas hosting baik di dalam maupun luar negeri. Namun yang menarik adalah bahwa juga terdapat perusahaan yang menawarkan layanan hosting gratis. Pada hosting gratis, user mendapatkan hak yang relatif sama yakni mendapatkan sejumlah space untuk mengupload website dan bahkan membuat database dan semuanya gratis. Namun layanan hosting gratis ini hanya sesuai digunakan oleh pemilik website pemula yang masih dalam tahap belajar atau user yang websitenya tidak terlalu menuntut kualitas dan jaminan layanan.
Di sisi lain, pada layanan hosting yang berbayar user harus membayar biaya berlangganan yang bervariasi tergantung pada kapasitas simpan, batasan traffic, dan faktor lainnya. Satu hal yang pasti, biaya yang dibayarkan oleh pelanggan webhosting tentunya digunakan untuk membiayai penyediaan layanan tersebut. Sedangkan pada layanan hosting gratis, biaya pengadaan layanannya di dapatkan dari banner atau iklan yang dipasang pada halaman web pelanggan, meskipun tidak semua layanan hosting gratis melakukan hal tersebut.
Keuntungan utama menggunakan hosting gratis tentu saja adalah karena gratis :) dan hal tersebut sangat sesuai dengan user pada tahapan pemula dan belajar untuk mengenal lebih jauh mengenai internet dan pembuatan website. Keuntungan yang lainnya adalah bahwa penyedia layanan hosting gratis kebanyakan menyediakan tools - tools yang memudahkan user untuk mengupload website atau bahwa membuat website tersebut dengan online wizard. Mereka sadar betul bahwa market mereka adalah pengguna internet pemula.
Namun tentu saja layanan hosting gratis juga memiliki beberapa sisi negatif. Beberapa perusahaan menampilkan banner / iklan pada website pelanggan dimana iklan tersebut belum tentu sesuai dengan isi website. Sisi negatif yang lain adalah bahwa mereka tidak memiliki jaminan sampai kapan layanan hosting gratis tersebut akan tetap online. Beberapa layanan hosting gratis yang tidak menampilkan banner atau iklan pada website pelanggannya bertujuan untuk mengumpulkan pelanggan sebanyak - banyaknya untuk kemudian digiring ke arah layanan hosting berbayar milik mereka pada waktunya nanti.

+ Memilih Web Hosting yang Tepat

Mencari Web Hosting yang TepatJumlah perusahaan web hosting di Indonesia baik yang dioperasikan oleh personal maupun perusahaan resmi kian menjamur. Satu hal yang wajar, mereka semua mengklaim perusahaannya adalah yang nomor wahid dengan harga yang tak terkalahkan. Butuh kejelian atau mungkin saran yang dapat dipercaya dalam memilih layanan web hosting yang benar – benar dapat diandalkan dan konsisten dalam memberikan layanan. Jangan khawatir, salah memilih hosting adalah hal yang sangat umum :) Tapi sebaiknya Anda membaca artikel ini agar tidak salah memilih.
Sebelum mulai mencari web hosting yang tepat, silahkan coba analisa terlebih dahulu kebutuhan Anda sebenarnya. Fitur apa saja yang Anda inginkan? Bahasa pemrograman web apa yang akan dugnakan? Berapa e-mail address dan kapasitas e-mail yang dibutuhkan? Apakah Anda sudah memiliki domain? Seberapa besar traffic yang mungkin akan dihabiskan oleh website Anda? Semua pertanyaan tersebut akan sangat membantu kita memilih layanan hosting yang benar – benar tepat. Di tengah pencarian, mungkin kita sempat menemukan adanya webhosting yang menawarkan “unilimited bandwidth” – Hati – hati! Istilah bandwidth atau lebih tepat disebut “data transfer” menunjukkan batasan jumlah data yang dikirim dan diterima antara server hosting dan pengunjung website Anda. Kebanyakan perusahaan hosting menyewa server dari datacenter yang akan mengenakan biaya tertentu untuk pemakaian bandwidth di atas quota yang mereka tentukan. Oleh pihak datacenter, rata – rata sebuah server diberi limit 1- 2 terabytes per bulan. Selebihnya penyewa server harus membayar lagi untuk kelebihan pemakaian data transfernya. Jadi logikanya memang tidak mungkin jika ada perusahaan hosting yang bisa benar – benar memberikan unlimited bandwidth.
Perlu juga dimengerti bahwa tidak semua staff customer service perusahaan hosting terbiasa melayani pelanggan pemula. Staff customer service yang profesional, berdedikasi kepada pelanggan, dan cepat merespon pertanyaan pelanggan harus menjadi penentu pilihan terpenting. Cara termudah untuk mengujinya adalah dengan mengirimkan e-mail pertanyaan tentang layanan hosting dan pantau seberapa cepat perusahaan hosting tersebut meresponnya. Atau jika ada layanan online chat dengan customer service, gunakan untuk bertanya mengenai layanan dan hal – hal lain yang mampu menggiring penilaian kita tentang profesionalitas mereka.
Cara lainnya adalah dengan meminta feedback atau pendapat umum mengenai perusahaan hosting bersangkutan melalui forum, mailing list, atau media lain. Tentu saja semakin banyak orang menanggapi pertanyaan Anda, semakin kuat referensi Anda dalam memilih perusahaan hosting yang benar – benar dapat diandalkan.
Jangan lupa untuk mencari informasi berapa lama perusahaan hosting tersebut telah beroperasi. Semakin lama tentunya semakin menjadi pertimbangan yang positif. Ingatlah bahwa selaku pelanggan Anda memiliki kesempatan memilih. Gunakan kesempatan tersebut untuk memilih webhosting yang benar - benar sesuai dengan harapan Anda.


Created by d'za

Baca Pula Artikel Terkait >>





3 comments

lordcaocao2025 said... @ December 28, 2008 at 7:29 AM

Wah mantab bos tipsnya, Tambahan dari aye bisa di cek di blog aye di Memilih hosting yang berbayar yang tepat.

Oh iya bos, kalo mo yang berbayar aye saranin pake Rumah Web aja, soalnya ane pake dia dah hampir satu tahun belum pernah ada masalah ape-ape. Oh iya, bos kok malah pake blogspot bukan pake yang berbayar aje, rumah web yang mulai 10 rebu / bulan juga ada. He he he.

Ok gitu aja bos acara mampir mampirna, bos kalo da waktu mampir ke blog aye juga ya.

Regards,
Johan Firdaus

d1z4 said... @ March 24, 2009 at 4:27 AM

Thanks atas saran dan kritiknya..

Jennifer said... @ July 27, 2009 at 11:33 PM

Hi,

I would recommend "HostGator" for your web hosting because it's very cheap and reliable. Their support service is awesome. This company offers site building tools, application vault, web mail, antivirus, Php, MysQL ,e-commerce and hosts unlimited websites in one plan. Don't go for free web hosting.They are not reliable. Check it out here (read the User Reviews):
http://Top50WebHosting.org

Post a Comment