| ]

Sebuah OS tanpa dokumentasi adalah bagaikan alat tanpa manual, alias sangat sulit untuk dipelajari oleh user. Para pengembang dan programmer di Linux selalu membuat dokumentasi untuk cara penggunaan program tersebut. Dokumentasi di Linux ada beberapa macam, tentang Linux sendiri dibuat proyek tersendiri yang disebut Linux Documentation Project, sedangkan program-program di bawah GNU Project dokumentasi disimpan di manual pages (man pages).
Man Pages
Setiap program yang diinstal sebagian besar menyertakan man pages yang akan dikopikan ke sistem Linux /usr/man atau /usr/local/man dan dibaca dengan perintah man dan diikuti nama perintah.

LDP
Linux Documentation Project yang biasa disebut LDP dikerjakan oleh banyak penulis, pakar dan editor. Keseluruhan proyek dikoordinasi oleh Matt Welsh, dibantu oleh Lars Wirzenius dan Michael K. Johnson. Homepage utama LDP ini ada di: http://metalab.unc.edu/LDP/ atau http://www.tldp.org/
Salah satu proyek yang paling banyak dikenal adalah pembuatan HOWTO, selain manual dan artikel lainnya.

HOWTO
HOWTO merupakan artikel yang berisi penjelasan teknis tentang suatu cara mengimplementasikan program atau aplikasi. Selain dalam bahasa Inggris HOWTO ini juga diterjemahkan oleh para pemakai di seluruh dunia sesuai dengan bahasanya masing-masing, salah satunya adalah ke dalam bahasa Indonesia yang dikelola oleh Linux Indonesia http://ldp.linux.or.id HOWTO yang sudah sedikit ada perubahan lagi bisa dilihat di /usr/doc/HOWTO, HOWTO yang masih banyak perubahan biasa disebut mini-HOWTO. Selain penjelasan teknis juga para penulis biasanya memberikan pengantar konsep tentang program tersebut, misalnya Intranet-HOWTO dijelaskan pada awalnya tentang konsep IP address di internet. Ada juga HOWTO yang menjelaskan bagaimana membuat sebuah Linux User Group.

Created by d'za

Baca Pula Artikel Terkait >>