| ]

Salah satu utilitas yang paling powerful dan inovatif dari RedHat Linux adalah RPM (RedHat Package Manager). Teknologi RPM adalah sebuah cara yang paling mudah untuk melakukan instalasi, uninstalasi,  grade, query, verify dan mem-build paket software. Disamping distribusi Redhat, beberapa distribusi lainnya (Mandrake, Turbolinux, dsb) juga memakai RPM untuk management paket software dalam distribusi mereka. Paket software RPM adalah sebuah arsip dari file-file dengan beberapa informasi yang berhubungan dengan file-file tersebut, seperti nama, versi dan deskripsinya. Berbeda dengan cara tradisional menggunakan file  ar.gz, metode RPM membuat user tidak direpotkan masalah manajemen file seperti letak file, direktori dsb.  ntuk menjalankan RPM sangat mudah, berikut ini akan dibahas tentang perintah umum untuk instalasi,  pgrade, uninstalasi, query, dan verify paket software berformat RPM. Beberapa distribusi menyediakan versi  UI untuk memanage paket software dengan RPM.

 
 Package Management dengan GUI di Readhat Linux


  
Package Management dengan GUI di Mandrake Linux 

Install
rpm -i [option] [nama_paket_rpm]
misalnya:
$ rpm -ivh vim-4.5-2.i386.rpm

v dan h adalah option untuk menampilkan jalannya instalasi dan menampilkan grafik berbentuk hash (#). Option lainnya dapat di lihat di man rpm. Bila paket tersebut telah di instalasi atau ditemukan dependency, RPM akan memberitahukan dan instalasi di batalkan. Gunakan - -replacepkgs atau-replacefiles bila ingin menimpa paket lama. Untuk dependency error, paket atau file yang di butuhkan harus di instalasi dulu. Sebaiknya tidak menggunakan option - -nodeps untuk mengatasi error dependency.
Upgrade
rpm -U [option] [nama_paket_rpm]
misalnya :
$ rpm -Uvh emacs-19.34-4.i386.rpm

Upgrade ini adalah kombinasi dari uninstalasi dan instalasi, artinya RPM akan menguninstalasi dulu paket versi lama bila ditemukan dan menggantinya dengan versi baru. Bila tidak ditemukan versi lamanya maka otomatis RPM melakukan instalasi.
Uninstalasi
rpm -e [option] [nama_paket]
misalnya:
$ rpm -e emacs

Untuk uninstalasi tidak dipakai nama paket RPM tapi nama paket itu sendiri. Dependency error juga terjadi bila paket yang ingin di uninstalasi dibutuhkan oleh program lain. Gunakan - -nodeps bila ingin tetap menghapusnya. Untuk uninstalasi ini sebaiknya dilakukan dengan meng-uninstalasi paket-paket sesuai urutan dependency-nya.

Query
rpm -q [option] [nama_paket]
misal:
rpm -ql kernel

Option l menampilkan semua file yang dimiliki oleh paket kernel.

Verify
rpm -V [nama_paket]
misal:
rpm -V bash

Verify digunakan untuk mendeteksi bila terdapat masalah saat instalasi. RPM akan membandingkan paket yang telah di instalasi dengan informasi yang terdapat pada file paket RPM aslinya. Bila tidak ada kesalahan, RPM tidak menampilkan sesuatu.

Created by d'za

Baca Pula Artikel Terkait >>