-> Logo Linux

Linux menggunakan logo gambar pinguin. Ada cerita menarik yang menyebabkan Linus enggunakan penguin sebagai logo dari sistem operasi Linux. Saat itu Linus sedang berjalan jalan bersama Andrew Tridgell di sebuah taman. Tiba tiba Linus dipatok pinguin, dan semenjak itu dia mengalami demam selama berhari hari. Dia pikir, karakter ini cocok untuk mewakili Linux. Dia ingin pemakainya menjadi demam alias tergila-gila untuk menggunakan dan mengotak atik Linux. Dan ternyata, apa yang dibayangkannya menjadi kenyataan. Hampir setiap pemakai saat pertama kali berkenalan dengan Linux menjadi susah tidur, dan menghabiskan waktunya berjam-jam didepan komputer untuk bermain main dengan Linux. Visualisasi logonya dikompetisikan kepada umum lewat diskusi pada mailing list Linux Kernel. Pencetusnya adalah Alan Cox, dan logo terpilih diberi nama Tux, dibuat oleh Larry Ewing.

 Logo Linux

-> Distribusi Linux

Ketika newbie Linux atau pengguna Linux baru berkenalan dengan Linux, biasanya mereka terbentur pada masalah distribusi yang akan dipakai/dipilih. Walaupun sebenarnya secara garis besar distribusi Linux sama (menggunakan 'kernel' Linux), perbedaannya hanya pada paket program, program instalasi, organisasi direktori dan file, program aplikasi dan tool utilitas tambahan. Di bawah ini akan diberikan sedikit gambaran beberapa distribusi yang ada di dunia Linux.

+ Caldera OpenLinux
Caldera OpenLinux (1.2) terdistribusi dalam 3 produk : OpenLinux Lite, OpenLinu x Base, dan OpenLinux Standard. OpenLinux Lite adalah produk evaluasi 90 hari (termasuk dekstop Caldera terintegrasi), Untuk versi lisensi penuh terdapat dalam produk Base dan Standard. OpenLinux Lite dapat didownload dari situs FTP Caldera atau dari CD. OpenLinux Base berisi semua yang ada dalam paket Lite ditambah sistem operasi yang lengkap dan mudah diinstal dengan integrasi Desktop, komponen client-server Internet, dan konektivitas Intranet. OpenLinux Base juga memasukkan Netscape Navigator dan dokumentasi penuh ke dalamnya.
OpenLinux Standard berisi semua yang ada dalam paket Base ditambah komponen high-end dan perangkat lunak komersial (seperti Netscape FastTrack Web Server, Netscape Navigator Gold Web browser dan authoring tool, ADABAS D database, Caldera OpenDOS, dan klien NetWare dan tool untuk administrasi). OpenLinux memberikan instalasi dengan basis menu dan pendeteksian perangkat keras secara otomatis juga termasuk LISA (Linux Installation System Administration) dan COAS (Caldera Open Administration System). Platform: Intel Bahasa : Inggris, Jerman
WWW : http://www.caldera.com
FTP : ftp://ftp.caldera.com

+ Debian Linux
Debian Linux adalah hasil dari usaha para sukarelawan untuk membuat distribusi Linux dengan kualitas tinggi dan non komersial. Keuntungan dari Debian Linux adalah upgradability, ketergantungan antar paket didefinisikan dengan baik, dan pengembangan secara terbuka. Debian merupakan satu-satunya distribusi Linux yang dikembangkan secara ersama-sama dan bekerjasama oleh banyak orang melalui Internet, dalam satu semangat Linux dan sistem operasi 'open source'. Lebih dari 400 maintainer paket mengerjakan lebih dari 1500 paket dan mengembangkan Debian Linux. Sistem bug tracking yang canggih mengijinkan pengguna dengan mudah melaporkan bug dan masalah keamanan secara cepat yang berhubungan dengan komunitas Debian. Tool command-line, 'apt-get', dapat digunakan secara dinamis untuk meng-upgrade sistem anda dari jaringan archive Debian yang luas.
Debian Linux adalah distribusi yang sangat dinamis. Rilis snap-shot rilis dibuat setiap 3 bulan, ftp archive-nya diupdate setiap hari. Terdapat pula proyek terpisah Debian JP (http://www.debian.linux.or.jp) yang memproduksi distribusi versi Jepang. Platform: Intel, m68k (Alpha, PowerPC, Sparc, UltraSparc, ARM dan GNU Hurd dalam tahap pengembangan) Bahasa : Inggris, dengan beberapa dukungan untuk Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Swedia, China.
WWW : http://www.debian.org
FTP : ftp://ftp.debian.org/debian dan situs mirror via anonymous FTP

+ Linux Pro
Peta produk dari WGS Linux Pro CD berbeda dengan distribusi lainnya . Mereka mengejar penetrasi ke dalam pasar komersial Linux yang bertujuan meningkatkan komunitas Linux, dan membantu Linux menjadi sistem operasi sejati dan satu-satunya, tidak hanya sebuah sistem operasi. WGS Linux Pro terdiri dari CD Linux "Stabil" yang merupakan distribusi Linux yang dianggap terbaik. Lalu mereka akan membuat bug fix dan peningkatan juga memberikan dukungan teknis dengan baik sesuai perjanjian. Mereka memberikan CD tambahan berisi semua perangkat lunak Linux versi terakhir (termasuk archive-archive dari tsx-11, metalab, dan situs Red Hat). Juga (termasuk Linux Pro+) produk profesional dan manual yang berisi proyek dokumentasi Linux dan banyak lagi!
WWW : http://www.wgs.com
FTP : ftp://ftp.wgs.com/pub2/wgs

+ Red Hat Linux
Red Hat merupakan distribusi yang paling populer terutama di antara pengembang Linux. Didukung oleh pembuat free software dan hacker-hacker kernel veteran (contoh: Alan Cox, Michael Johnson, Stephen Tweedie) diantara 40+ stafnya. Empat inovasi instalasi membuat Red Hat merupakan Linux termudah untuk diinstal. Instalasi modus grafis membawa anda ke modus X (GUI di Linux) dari awal sampai akhir instalasi. Skrip pembuatan disket boot memudahkan pilihan ke disket boot yang sesuai, dan penyimpanan konfigurasi jaringan juga XF86Config jadi kita tidak perlu mengkonfigurasi TCP/IP atau X! Poin yang besar dari distribusi ini adalah RPM, Red Hat Package Manager.
Dengan perangkat lunak ini kita bisa menginstall-uninstall aplikasi dan komponen sistem operasi, termasuk kernel dan basis OS sendiri. RPM sekarang dianggap sebagai standar de-facto dalam pemaketan dan digunakan secara luas oleh sebagian besar distribusi kecuali Debian. Platform: Intel, Alpha, Sparc. Bahasa : Inggris, Cekoslowakia, Perancis, Jerman, Norwegia, Romania, Turki.
WWW : http://www.redhat.com
FTP : ftp://ftp.redhat.com

+ Trans-Ameritech Linuxware
Trans-Ameritech telah mempublikasikan 10 rilis Linux di awal 1997, telah mengeset standar baru untuk mengkombinasikan kemudahan penggunaan dan instalasi, bahkan untuk pengguna awal LinuxWare. Fleksibel dan kemudahan instalasi bagi yang tertarik untuk belajar Unix seperti orang-orang teknik, mahasiswa, dan pengguna PC. Pengguna baru Linux akan mudah memulai program dengan basis Windows dari CD. Untuk mengurangi kemungkinan konflik perangkat keras, diberikan banyak ekstra kernel untuk perbedaan konfigurasi yang sangat berguna untuk instalasi dan operasi secara normal. Aplikasi-aplikasi yang disertakan:, yaitu Program konfigurasi X dengan basis Ms. Windows GNU Smalltalk orientasi objek dan antarmuka Smalltalk untuk X Program-program untuk teknik elektro dan ham Games DOOM Distribusi ini mempunyai target kepada pengguna Windows dan DOS yang ingin kemudahan bermigrasi.
WWW: http://www.trans-am.com

+ Slackware
Distribusinya Patrick Volkerding yang terkenal pertama kali. Ftp.cdrom.com adalah kampung halaman Slackware Linux karena cdrom.com merupakan publisher dari 'Official' Slackware Linux CDROM. Slackware Linux merupakan distribusi Linux yang 'full featured', 'cryptic', dan UNIX-like, didesain untuk komputer 386/486 atau lebih tinggi. Platform: Intel Bahasa : Inggris
WWW : http://www.slackware.com
FTP : ftp://ftp.slackware.com

+ S.u.S.E.
S.u.S.E. merupakan distribusi yang paling populer di Jerman dan Eropa, dan sekarang sedang mengembangkan sayapnya ke U.S dan Internasional. S.u.S.E. Linux memberikan ke semua pengguna dari newbie sampai yang sudah mahir, cepat dan mudah untuk masuk ke dalam dunia Linux dan Unix. Sumber daya seperti instalasi berbasis menu dari CD-ROM, disket boot modular, 400-halaman buku referensi dan tool administrasi sistem S.u.S.E., YaST, membuat mudah instalasi Linux, konfigurasi jaringan, ISDN, e-mail, printer, sistem X Window System, dan menjaganya bekerja dengan bagus. S.u.S.E. juga membuat X server (video driver) untuk proyek XFree86. X server S.u.S.E. mendukung kartu grafis baru dan modus demo secara langsung dari CD-ROM atau dalam partisi DOS. Sekarang S.U.S.E. mempunyai pemaketan sendiri yaitu SPM, S.U.S.E. Package Manager. Platform: Intel Bahasa : Jerman, Inggris
WWW : http://www.suse.com
FTP : ftp://ftp.suse.com

+ LinuxGT
Linux GT datang dengan instalasi yang sederhana dan 'to the point'. Pembuatan disket boot sangat simpel dengan meng-klik tombol (dari Windows), atau bekerja dengan skrip sederhana (DOS/Linux). Cara instalasinya via ftp, http, NFS, atau dari hard disk.
WWW : http://www.greysite.com
FTP : ftp://metalab.unc.edu/pub/Linux/distributions/linuxGT

+ KRUD - Kevin's Red Hat Uber Distribution
Distribusi Red Hat terkini dengan full errata yang tersedia dalam satu CD atau dalam bentuk subscription. Selain itu termasuk bermacam-macam paket yang berguna untuk Linux, termasuk beberapa paket keamanan seperti ssh dan isinglass. Diperlukan perangkat keras standar kompatibel Red Hat. Sampai saat ini, KRUD tidak bisa diekspor karena di dalamnya terdapat crypto software.
WWW: http://www.tummy.com
Tersedia hanya dalam bentuk CD-ROM karena pembatasan ekspor.

+ Linux-Mandrake
Linux-Mandrake lahir karena terinspirasi oleh Red Hat(tm) Linux, dengan banyak pengembangan dan aplikasi 'pre-configured' yang membuatnya mudah untuk newbie dan masyarakat juga didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Linux-Mandrake tersedia dalam edisi GPL dan PowerPack yang terdiri dari 5 CD dan aplikasi komersial. CD Edisi GPL (basis sistem dan aplikasi) tersedia dengan gratis dari Internet dalam bentuk iso image. Linux-Mandrake 6.0 memenangkan dua LinuxWorld Editors' Choice Awards dan menjadi peringkat kedua di LinuxWorld Expo, San Jose, CA pada bulan August 1999: Best Linux Product of the Year.Best Distribution/Server. Finalist for Best Distribution/Client. Dalam Mandrake, paket-paketnya telah dikompilasi dengan optimasi CPU untuk kelas Pentium (intel, amd, cyrix, winchip...) dan prosesor yang lebih tinggi dan menghasilkan peningkatan kecepatan lebih dari 30%. Platform: Intel, Sparc, Alpha (PPC dalam pengembangan) Bahasa : 50 bahasa termasuk Inggris, Perancis, dan Spanyol.
WWW : http://www.linux-mandrake.com
Akses Internet : http://www.linux-mandrake.com/en/ftp.php3

+ Linux by Libranet
Berbasis distribusi Debian, mengijinkan pengguna untuk memulai dekstop yang sudah terkonfigurasi lengkap dengan aplikasi yang sering digunakan. Instalasi sederhana memberikan sistem bekerja dengan mudah. Keuntungan besar untuk yang baru di dunia Linux dan menghemat waktu untuk yang sudah mahir. Dekstop Linux by Libranet memberikan Debian pilihan para pengembang sampai ke pengguna desktop. Distribusi Linux by Libranet mempunyai dukungan yang solid dan dokumentasi online. Platform: Intel, m68k (Alpha, PowerPC, Sparc, UltraSparc, ARM dan GNU Hurd dalam pengembangan) Bahasa : Inggris, dengan beberapa dukungan untuk Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Swedia, China.
WWW: http://www.libranet.com

+ Turbo Linux
TurboLinux membuat sebuah kumpulan produk Linux dengan kinerja tinggi untuk pasar workstation dan server. Produk-produknya: Workstation 6.0: TurboLinux Workstation 6.0 merupakan pilihan Linux untuk dekstop. Star Office suite memberikan kompatibilitas penuh Ms. Office dan Netscape untuk e-mail dan penjelajahan web. Server 6.0: TurboLinux Server 6.0, lengkap, secara teknis aman, backend server dengan kinerja tinggi untuk bisnis di perusahaan, termasuk perangkat lunak yang tahan banting e-commerce untuk transaksi B2B (Business-to-Business). TurboCluster Server 4.0 Dengan TurboCluster Server 4.0 membangun server cluster dengan murah/terjangkau, berskala dan tersedia server cluster (25+ cluster node!), pemenang poling Best Web Solution oleh ditor Linux Journal. enFuzion 6.0: Berbasis pada konsep sederhana tetapi powerful yang dinamakan 'parametric execution', enFuzion merubah jaringan komputer anda menjadi super computer dengan kecepatan tinggi, 'fault tolerant' supercomputer.
WWW : http://www.turbolinux.com
FTP : ftp://ftp.turbolinux.com

+ Trustix Secure Linux
Trustix Secure Linux adalah distribusi Linux berorientasi server dengan menitikberatkan kepada masalah keamanan. Trustix Secure Linux 1.2, dengan dokumentasi tertulis, dirilis tanggal 5 Desember 2000 dan telah digunakan oleh puluhan ribu pengguna di seluruh dunia. Aplikasi dan layanan penting yang disertakan: Linux Kernel 2.2.17 Ipsec VPN dengan FreeSWAN Apache Web Server yang mendukung WAP Dukungan SSL untuk Apache Web Server GNU Privacy Guard: implementasi Open PGP gratis PHP Advance Scripting Postfix Mail Server POP3 and IMAP dengan dukungan SSL (SPOP and SIMAP) Open SSH untuk Login yang aman SAMBA Windows File/Print LDAP BIND 8 DNS Server OpenBSD FTP Server Piranti Lunak RAID Database engine Trustix Secure Linux dapat diperoleh secara gratis dengan cara download di www.trustix.net , atau pembelian melalui eshop.trustix.no, maupun melalui para reseller terdekat.
Anda dapat bergabung dalam proyek pembuatan Trustix Secure Linux di trustix.org Trustix Merdeka (TM) Trustix Merdeka merupakan distribusi Linux yang ditujukan untuk pengguna Indonesia (bisa disebut distribusi Linux Indonesia) dengan mengambil basis Trustix Secure Linux. Keamanan standarnya diset untuk pengguna dekstop ataupun yang baru mengenal Linux. Beberapa artikel dan dokumentasinya berbahasa Indonesia yang dikembangkan oleh para pengembang Trustix Merdeka dalam proyek penerjemahan i18N dan terbuka untuk umum bagi yang ingin ambil bagian dalam proyek ini. Beberapa fitur penting dalam Trustix Merdeka 1.2 (Raung) Versi beta3 (4 Juli 2001): XFree86 4.1.0, mendukung TTF dan kinerja yang lebih cepat SWUP, SoftWare UPdater untuk update paket secara aman via Internet KDE 2.0.1 dengan Qt 2.3 mendukung anti alias Menu KDE berbahasa Indonesia. Status translasi bisa ditengok di http://merdeka.trustix.co.id/kde Aplikasi multimedia, pengolah kata dan jaringan yang diperbanyak Tambahan aplikasi rpms dalam direktori terpisah, untuk bisa diinstal sesuai keinginan
WWW : http://merdeka.trustix.co.id
Situs Resmi Download TM : http://www.trustix.co.id/pub/Trustix/merdeka
Mirror ISO Trustix Merdeka:
HTTP:
http://www.merdeka.indolinux.com/download
http://www.linuxmerdeka.org
FTP:
ftp://aphrodite.karet.org/pub/trustix
ftp://preman.exploit.cx/pub/trustix

Referensi : http://www.ilmukomputer.com/

Created by d'za

Baca Pula Artikel Terkait >>





0 comments

Post a Comment