Topologi jaringan komputer adalah bentuk perancangan baik secara fisik maupun secara logik yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer.

Macam-macam topologi jaringan sebagai berikut :

* Topologi STAR
* Topologi RING
* Topologi BUS
* Topologi mesh
* Topologi tree/ hierarkis
* Topologi Web

* Topologi STAR


Pada topologi star semua PC (terminal) dihubungkan pada terminal pusat (server) yang menyediakan jalur komunikasi khusus untuk terminal yang akan berkomunikasi. Sehingga, setiap pengiriman data yang terjadi akan melalui terminal pusat.


















Kelebihan:

- Paling fleksibel karena pemasangan kabel mudah
- Penambahan/pengurangan terminal sangat mudah
- Kontrol terpusat sehingga memudahkan dalam mendeteksi
- Lebih mudah untuk pengelolaan jaringan

Kelemahan:

- Boros kabel
- Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
- Perlu penanganan khusus bundel kabel

* Topologi RING

Pada topologi ring semua PC (terminal) dihubungkan pada jalur data (bus) yang membentuk lingkaran. Sehingga, setiap terminal dalam jaringan saling tergantung. Akibatnya, apabila terjadi kerusakan pada satu terminal, maka seluruh jaringan akan terganggu.

















Kelebihan:


- Hemat kabel
- Tidak perlu penanganan bundel kabel khusus’
- Dapat melayani lalu lintas data yang padat

Kelemahan:

- Peka kesalahan
- Pengembangan jaringan lebih kaku
- Lambat
- Kerusakan pada salah satu komputer akan melumpuhkan jaringan

* Topologi BUS

Topologi Bus menyediakan 1 saluran untuk komunikasi semua perangkat sehinga setiap perangkat harus bergantian menggunakan seluran tersebut. Oleh karenanya hanya ada 2 perangkat yang saling berkomunikasi dalam suatu saat. Untuk mengefisiensikan penggunaan jaringan, digunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collision Detected) yang dapat mengurangi terjadinya masa tenggang (saluran kosong) dengan mendeteksi tabrakan informasi.





















Kelebihan :


- Biaya instalasi sangat murah
- Penambahan/pengurangan terminal relatif mudah

Kelemahan :

- Kecepatan rata-rata transfer informasi sangat lambat
- Sulit untuk manajemen jaringan
- Sulit untuk expand (menambah) jaringan

* Topologi mesh

Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

* Topologi tree/ hierarkis

Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah dig ambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .

* Topologi Web

Topologi ini mempunyai karakteristis sebagai berikut, yaitu Setiap terminal dalam topologi ini dapat saling berhubungan dengan terminal lainnya melalui beberapa link.


Created by d'za

Baca Pula Artikel Terkait >>





0 comments

Post a Comment